Server Telkomsel Trouble

MALANG – Recent update di BlackBerry Messenger (BBM) mendadak banyak tulisan bernada keluhan Selasa (5/5/15) pagi kemarin. Kegagalan mengirim SMS dan telepon dialami oleh beberapa pelanggan Telkomsel, antara pukul 10.00 – 12.00 WIB. Kejadian ini sempat membuat pelanggan bingung karena untuk layanan data justru tidak ada masalah.
Salah satu pengguna Telkomsel, Saiful Affandi menuliskan keluhan di BBM-nya sebagai penanda kekecewaan akan layanan  “Loh Simpati kok gak bisa dipakai telepon dan SMS ini,” tulisnya.
Keluhan itu terjadi karena dia tengah berusaha menelepon rekan kerjanya dan tidak bisa. Namun, ketika update status via BBM, tidak terjadi masalah. Di baris berikutnya, recent update dari pemilik BBM bernama Widikanto juga menuliskan hal sama. Pria yang memiliki bisnis outlet handphone ini gagal melakukan transaksi pengiriman pulsa kepada pelanggan. “SMS/ call Telkomsel error. Pengisian pulsa pending dulu,” tulisnya.
Kondisi ini pun berpengaruh pada aktivitas bisnisnya mengisi pulsa. Selain kepada customer, permintaan dari anak buahnya pun mesti terhenti untuk sementara waktu.Kegagalan SMS dan telepon yang dialami oleh pengguna Telkomsel ini tidak hanya terjadi di Malang Raya. Beberapa wilayah lain di Jawa Timur juga mengalami hal serupa karena terjadi gangguan di pusat server. “Ada masalah memang sejak pukul 09.00 tadi (kemarin, red). Tetapi hanya untuk telepon dan SMS,” ujar Manager Corporate Communications Telkomsel Jawa-Bali, Erwin Kusumawan.
Dia menyampaikan, ada koneksi yang terputus pada dua layanan tersebut. Sehingga layanan data baik untuk koneksi 2G dan 3G masih bisa diakses. “Masih bisa online atau masuk ke browser kan? Ada trouble sedikit tetapi sudah langsung kami perbaiki,” ujarnya.
Menurut dia, dalam waktu dua jam, maintenance untuk switching koneksi call dan SMS telah mencapai 80 persen. Sehingga, pukul 13.00 WIB beberapa pelanggan masih harus bersabar menunggu semua koneksi normal lagi. “Yang terjadi di beberapa wilayah saja. Seperti Malang, Surabaya dan Madura,” tegas Erwin.
Dia menambahkan, bila kejadian kemarin bukan proses upgrade 3G ke 4G. Pasalnya, bila itu terjadi, provider akan memilih waktu malam hari agar tidak terlalu mengganggu aktivitas pelanggan. “Ketika siang hari, kalau disengaja upgrade kan kasihan. Saat ini murni kesalahan. Untuk upgrade, Telkomsel memastikan di malam hari,” pungkas dia. (ley/han)