Penerus 1S Mendukung Jaringan 4G

MALANG – Kuartal kedua 2015 ini tampaknya akan semakin ramai dengan gadget terbaru. Pasca vendor besar meluncurkan smartphone dengan teknologi terkini, ponsel asal Tiongkok Xiaomi telah mengenalkan Redmi 2 yang merupakan penerus Redmi 1S. Seri ini, telah mengusung koneksi 4G LTE yang kini mulai digandrungi penggemar gadget.
Owner Shinta Cell, Setiawan menuturkan, ponsel Xiaomi ini dikenalkan pada awal bulan lalu. Tidak perlu waktu lama, perangkat ini sudah beredar di pasar lokal, termasuk Malang. “Sejak akhir April lalu Redmi 2 sudah menghiasi beberapa outlet, namun masih belum terlalu banyak,” tuturnya.
Menurut dia, Xiaomi Redmi 2 sebagai suksesor Redmi 1S memiliki ukuran layar yang sama, 4,7 inci. Perbedaan paling mencolok pada sisi koneksi yang telah support jaringan 4G LTE (long term evolution). Alhasil, perangkat menjanjikan koneksi data super cepat, ketimbang generasi sebelumnya yang masih 3G, baik untuk upload maupun download.
“Kecepatan browsing sangat menjanjikan, terutama ketika wilayahnya sudah terjangkau jaringan 4G. Untuk Malang Raya saat ini memang masih belum, tetapi smartphone 4G sudah sangat diburu,” urai dia kepada Malang Post.
Pria yang akrab disapa Iwan ini menerangkan, selain pada sisi jaringan, Redmi 2 juga telah memiliki sistem operasi (OS) yang jauh lebih baik ketimbang pendahulunya. Sebab, seri ini sudah menggunakan OS Android 4.4 KitKat yang semakin menyempurnakan kegiatan browsing sang pengguna. Selain cepat, penampilan dipastikan lebih terkini dan mampu menerima aplikasi kelas tinggi.
“Padahal harganya kan sangat murah, hanya sekitar Rp 1,6 jutaan saja. Tetapi, customer sudah mendapatkan fitur yang bagus,” terangnya.
Dia menuturkan, Redmi 2 mempunyai bodi lebih ringan dengan bobot 133gram, sedangkan Redmi 1S 158 gr. Smartphone ini  memiliki ketebalan 9,4 mm. Sementara, untuk dapur pacunya mengusung procesor 64-bit Snapdragon 410 yang dikolaborasikan dengan pengolah grafis GPU Adreno 306.
Redmi 2 mempunyai kamera belakang 8 MP dan camera depan 2 MP untuk menunjang aktivitas fotografi. Kedua kamera ini sangat mumpuni untuk menghasilkan jepretan berkualitas, baik untuk mengambil gambar yang ada di depannya, maupun berfoto selfie. “Hasil fotonya sangat jernih, karena telah dilengkapi dengan flash,” imbuh Iwan.
Pada bagian memori, RAM 1 GB mendapat tunjangan internal memory sebesar 8 GB untuk menyimpan berbagai aplikasi penting. Sementara, bila merasa kurang, pengguna tinggal memaksimalkan kapasitas hingga 32 GB pada bagian eksternal memory. (ley/feb)