Seri Barcelona Berlayar Mini

Gadget ini dibandrol murah dan menyasar pengguna gadget yang baru beralih ke android.

Advan S35D
MALANG – Vendor lokal menambah koleksi smartphone seri Barcelona miliknya di 2015. Seri terbaru ini berbeda dengan dua pendahulunya yang berlayar lebar, untuk seri bernama Advan S35D ini hanya memiliki layar 3,5 inci dan menyasar gadgeter entry level.    
“Setelah dua seri sebelumnya memiliki harga di atas Rp 1,5 juta, maka untuk Advan S35D sangat murah. Hanya Rp 500 ribuan tetapi sudah mendapatkan ponsel dengan cap Barcelona,” ujar Owner Shinta Cell, Setiawan.
Dia menuturkan, seri ini meluncur medio Maret lalu. Harga yang murah, membuat perangkat ini diburu oleh customer pemula, yang baru beralih pada teknologi Android. “Rata-rata pengguna yang belum membutuhkan fitur rumit dalam sebuah perangkat memburu seri ini. Terutama orang tua yang tengah memberikan gadget bagi anaknya yang masih pelajar,” beber dia kepada Malang Post.
Pria yang akrab disapa Iwan ini menyampaikan, sekalipun berharga sangat terjangkau, jangan meragukan fitur yang diberikan oleh Advan. Misalnya dengan adanya Android 4.4 KitKat, yang merupakan sistem operasi paling laris saat ini, dan bisa support pada semua segmen gadget. “OS KitKat untuk saat ini masih yang terbaik. Sebab, yang menggunakan Lollipop juga masih belum begitu banyak,” urai Iwan.
Untuk seri ini, Advan memberikan ukuran yang sangat mini, dengan layar 3,5 inci saja. Layar ini mampu menghasilkan gambar beresolusi 320 x 480 pixels dengan mengandalkan layar in plane switching (IPS) yang menjadikan nilai positif seri S35D. “Resolusinya menyesuaikan layar, namun pemilihan IPS membuat gambar bisa tetap terlihat dari sudut sempit dan terkena sinar matahari,” papar Iwan panjang lebar.
Sementara, pada bagian prosesor, ponsel ini masih menggunakn Single Core. Diakui dia, masih sangat kecil memang, sebab perangkat ini juga belum banyak mengusung aplikasi kelas berat.  Untuk menunjang dapur pacu satu inti dengan kecepatan 1 GHz, Advan menambahkan RAM sebesar 512 MB.
“Bagi pemula sudah mencukupi. Misalkan untuk browsing dan mendapatkan instalasi aplikasi BBM, sebab jaringannya sudah 3G pula,” tambah dia. Seri ini sudah mendapatkan balutan fitur WiFi dan Bluetooth, dengan penopang daya baterai sebesar 1200 mAh. (ley/han)