Leluasa Jadi Hater atau Secret Admirer

MALANG – Awal tahun lalu, pengguna Android bisa memanfaatkan aplikasi chat dan jejaring sosial bernama Secret untuk melampiaskan kekesalannya. Pasalnya, aplikasi itu menampilkan akun anonim (tanpa nama) ketika berkomunikasi. Kini, aplikasi chat anonim kembali muncul dengan nama Circum yang membuat pemilik akun bisa berkomunikasi di jejaring sosial itu tanpa dikenali oleh orang lain.
“Circum 2.0 namanya. Aplikasi ini sangat dimanfaatkan oleh pengguna yang ingin melancarkan pesan kebencian (hate speech) tetapi tetap aman karena tidak diketahui identitasnya,” ujar Teknisi iFind Reseller, Jeffri Gigih.
Menurut dia, aplikasi ini memang sengaja dibuat demikian, untuk mewujudkan keinginan bully dari seseorang. Begitu pula ketika pemilik akun ingin melontarkan lelucon ketika berkomunikasi dengan sesama pengguna aplikasi. “Terkadang, untuk memosting secara blak-blakan kan gak enak. Munculnya Secret dulu membuat haters memiliki wadah. Ketika sudah mulai banyak yang menggunakan, muncul lagi Circum, dengan wilayah yang lebih terbatas,” beber dia kepada Malang Post.
Ya, terbatas sebab aplikasi terbaru yang meluncur di awal tahun ini mengelompokkan pemilik akun dalam satu wilayah. Misalnya pemilik akun dari Malang, bisa berkomunikasi via media sosial dengan pengguna di daerah yang sama. “Pembicaraan lebih nyambung dan terkadang berlanjut dengan private chat untuk ketemuan,” imbuhnya.
Yang unik, pemilik aplikasi Circum akan mendapatkan kejutan untuk pemilihan nama. Pasalnya, sang pengelola saja yang bisa menentukan. Nama-nama yang diberikan seperti Kelelawar, belalang, semut dan beraneka nama binatang yang lain. “Namanya bisa kelelawar 32, semut 101 dan seterusnya. Seru ketika memiliki aplikasi ini,” ujar Jeffri.
Terpisah, Arinta Irma salah satu pemilik akun di Circum mengakui bila aplikasi ini sebagai penghilang rasa stress. Dia bisa mengeluarkan unek-unek, tanpa diketahui siapa dia sebagai sang pemilik akun. “Begitu pula yang saya ledek, tidak terlalu dikenali juga kan,” sebut Irma.
Dia menuturkan, fitur anonim ini sangat disukai oleh anak muda. Berdasarkan pengalamannya, dia memanfaatkan untuk bertemu dengan pengguna lain. “Walaupun sekadar hang out, tetapi akhirnya seru juga. Bisa mengenal teman baru dan rata-rata masih muda, yang terkadang takut untuk mengeluarkan kata-kata puitis juga,” papar dia, lantas tertawa.
Irma mengakui, aplikasi ini sebagai sarana fun bagi dia dan sebagian besar pengguna. Setelah sibuk dengan keseriusan sekolah, kuliah atau bekerja, pemilik bisa bertemu dengan sesama yang butuh hiburan tetapi masih tertutup identitasnya.
Untuk memiliki aplikasi ini, dia bisa mendownloadnya di App Store secara gratis. Fitur dengan warna dominan merah ini, langsung bisa diinstal bagi sang pemilik Android tanpa banyak persayaratan identitas.(ley/han)