Edukasi Ibu tentang Informasi Digital

Samsung baru saja mengeluarkan line up terbarunya dari keluarga tablet, Galaxy Tab 3V yang mengedepankan fitur parental control di dalamnya. Vendor asal Korea ini termasuk yang masih getol memproduksi tablet di saat pasar untuk perangkat ini mulai lesu. Marketing Director IM Business SEIN Vebbyna Kaunang mengatakan, pasar tablet masih sangat potensial.
“Kami yakin potensi pasar tablet di Indonesia masih bagus. Untuk itu kami terus mengembangkan teknologi baru dan memberikan penawaran-penawaran baru karena kami yakin potensinya masih besar,” jelasnya.
Vebby juga mengklaim di wilayah dimana Samsung bermain, produsen asal negeri ginseng ini masih menjadi market leader untuk produk tablet. Strategi yang dijalankan Samsung untuk terus bertahan di pasar tablet, dikatakan Vebby, akan menyasar segmen keluarga mengingat tablet merupakan perangkat yang sesuai untuk dinikmati dengan cara berbagi bersama anggota keluarga lain.
“Bisa bayangkan ada berapa banyak jumlah keluarga di Indonesia dan berapa banyak keluarga muda yang ada tiap tahunnya, itu merupakan potensi yang sangat bagus,” pungkasnya.
Berdasarkan riset yang dilakukan Samsung, didapatkan hasil bahwa seorang ibu memegang peran penting dalam keluarga sebagai figur utama yang selalu menjadi sumber informasi bagi anggota keluarga.
Perkembangan teknologi digital diharapkan dapat memeprmudah peran kaum ibu dalam pemenuhan kebutuhan informasi. Namun sayang banyak kaum ibu yang tidak membekali dirinya dengan mengikuti perkembangan yang ada.
Melalui Galaxy Tab 3V, Samsung berusaha memberdayakan kaum ibu untuk lebih andal di era digital sebagai sumber informasi bagi keluarga. Aplikasi Kakatu yang dibenamkan di gadget terbaru milik Samsung tersebut dapat membantu ibu unuk mendapatkan informasi sekaligus mengontrol dan mengedukasi penggunaan gadget oleh anak.
Vebbyna Kaunang mengatakan, sebagai sumber informasi bagi keluarga, seorang ibu akan mendapat kemudahan dalam menjawab berbagai pertanyaan yang muncul dari anak melalui pemanfaatan gadget. “Kadang ada banyak pertanyaan yang dilontarkan anak dan si ibu tidak tau jawabannya, dengan Galaxy Tab 3V si ibu bisa mencari informasi untuk menjawabnya,” ungkap Vebby.
Khusus untuk Tab 3V, Samsung menyediakan secara preloaded aplikasi parenting control Kakatu. Aplikasi ini menghadirkan kanal parenting yang dapat memilih dan memblok aplikasi yang digunakan oleh anak, mengatur waktu penggunaan gadget, cek keberadaan anak dimana, serta parenting channel yang berisi informasi bermanfaat bagi anggota keluarga.
Samsung Galaxy Tab 3V ini dibanderol Rp1.799.000 dan dibekali layar 7 inci dengan teknologi WSVGA dilengkapi kamera depan dan belakang dengan resolusi 2Mp. Prosesor Quad Core 1,3Ghz  dan RAM sebesar 1Gb yang terbenam di perangkat ini memungkinkan pengguna melakukan multitasking berbagai aplikasi dan browsing dengan lancar.(brt/pns/han)