Lebih Jernih, Kaya Warna Berkat Chip A8

MALANG - Pabrikan gadget Apple, akhir tahun lalu mengenalkan iPhone terbarunya, iPhone 6 Plus yang memiliki ukuran layar lebih lebar ketimbang iPhone 6 dan menggunakan prosesor generasi terbaru, Chip A8.
“ Generasi iPhone 6 unggul menggunakan chip terbaru. Termasuk iPhone 6 Plus dengan Chip A8 yang menawarkan tampilan perangkat Apple lebih jernih, tajam dan kaya akan warna," ujar Supervisor Global Apple Reseller, Silvy Novita.
Menurutnya, bila pada smartphone lain Chip A8 merupakan otak yang mengatur kinerja perangkat. Di dalamnya terdapat prosesor Dual-core 1.4 GHz Cyclone (ARM v8-based) yang akan didukung dengan RAM 2 GB. Sementara sistem operasi  iOS 8 dengan browser khas Apple yakni Safari.
“Untuk menghasilkan grafis tajam bagi penggunanya, perangkat ini menggunakan pengolah grafis PowerVR GX6650 (hexa-core graphics). Chip ini mendapat support koprosesor M8, sehingga iPhone 6 Plus ini dijalankan oleh dual prosesor,” papar dia panjang lebar.
Menurut dia, seri iPhone 6 Plus memiliki keunggulan utama ketimbang iPhone 6 dalam hal layar. Sebab, Apple memberikan bentang layar seluas 5.5 inci untuk perangkat yang dijual di kisaran Rp 13 jutaan ini. Sementara, iPhone 6, bandrolnya masih di kisaran Rp 11 jutaan.
Teknologi layar pada seri yang meluncur medio Maret lalu di pasar gadget Malang ini sudah menggunakan LED IPS capacitive touch screen. Hasilnya, resolusi maksimal dari layar mencapai 1080 x 1920 pixel dan membuat perangkat kaya warna. Selain itu, tingkat kepadatan layar mencapai 401 ppi (pixel per inch) dan gambar tidak pecah. "Resolusi tinggi menghasilkan tampilan layar sangat jernih dan tajam. Apalagi didukung dengan layar yang lebar sehingga pengguna akan sangat nyaman ketika memutar video ataupun melihat foto," papar dia kepada Malang Post.
Dia menuturkan, perangkat ini didukung dengan layar multitouch yang berlapis shatter proof glass. Fungsinya mencegah layar lebar dari iPhone 6 Plus lecet karena goresan atau benturan. Desain dari iPhone 6 Plus ini juga sangat berkelas dengan material metal yang membungkus bodinya. Sisi – sisinya memiliki desain melengkung dengan ketebalan 7.1 mm.
Yang tak kalah menarik dari iPhone 6 adalah sisi fitur fotografi. Pada bagian bodi belakang dari iPhone ini tertanam lensa kamera berukuran 8 MP dengan resolusi 3264 x 2448 pixels. Fitur yang dibawa seperti autofocus dan optical image stabilization (OIS) yang akan meredam gerakan obyek yang bergerak sehingga mencegah blur pada hasil fotonya. Selain itu ada Dual LED (dual-tone) flash untuk membidik obyek gambar di area yang redup atau minim cahaya.
"Masih ada juga fitur Aperture f/2.2, 1.5µm pixel size, geo-tagging, simultaneous HD video and image recording, touch focus, face and smile detection, image stabilization, panorama dan HDR yang akan menghasilkan hasil foto yang lebih jernih dan berkualitas. Perangkat ini mampu merekam video momen berharga penggunanya dengan kualitas 1080p@60fps, 720p@240fps, optical image stabilization," jelas Silvy.
Sementara itu bagi pecinta selfie, akan disuguhkan dengan kamera depan berukuran 1.2 MP. Meskipun lensa tersebut tidak terlalu besar namun mampu menghasilkan kualitas foto 720p dengan fitur burst dan HDR. Selain itu dapat pula digunakan untuk kebutuhan video call maupun video chat.
Pada sektor jaringan, perangkat ini mengusung jaringan utama dengan dua versi yakni 2G GSM dan CDMA, 3G HSDPA dan CDMA serta 4G LTE GSM dan CDMA. Perangkat ini didukung dengan sisipan card slot berjenis Nano SIM yang memungkinkan pengguna untuk memotong ukuran standart kartu SIM. Apple telah membekali iPhone 6 Plus ini dengan penyimpanan internal yang cukup besar dalam 3 pilihan yakni varian internal 16 GB, 64 GB dan 128 GB. (ley/han)