Layar Lebar, Fitur Ciamik

MALANG - Tidak sampai dua pekan pasca dirilis oleh Microsoft, kini smartphone Lumia 640 XL telah menghiasi beberapa outlet gadget di Malang. Smartphone yang dikenalkan oleh sang vendor pada awal Maret lalu ini, mengandalkan ukuran layar yang lebar sebesar 5,7 inci sehingga melegakan pengguna ketika mengoperasikan beragam aplikasinya.
"Microsoft Lumia 640 XL yang hadir pertama di Malang. Untuk seri Lumia 640 LTE masih belum," ujar Team leader Erafone Malang, Arye Kurnianto.
Dia mengatakan, ponsel yang sekitar sepekan ini menghiasi pasar gadget itu mulai menarik perhatian karena layarnya yang lebar. Alhasil, pengguna sangat dimanjakan untuk memainkan beragam aplikasi khas Lumia, terutama seri yang telah mengusung sistem operasi terbaru dari Windows, yakni seri 8.2 ini.
Desain yang akan dibawa oleh smartphone ini cukup baik dengan warna yang cerah. Tampilan khas Windows memberikan perbedaan dengan kompetitor dan menunjukkan kualitas gadget ini.
Layar sentuh berukuran 5,7 inci ponsel ini menghadirkan resolusi HD 720p atau setara dengan 1280 x 720 Piksel. Hasilnya, gambar yang diberikan memiliki kerapatan gambar mencapai 259 PPI (Piksel Per Inci).
"Gambarnya terlihat tajam dan tidak pecah. Memainkan games dengan resolusi tinggi pun tetap aman," ujar Arye.
Smartphone ini mendapatkan dukungan teknologi panel In Plane Switching (IPS) yang memberikan jaminan gambar tetap jelas, ketika dilihat dari sudut pandang yang sempit maupun beradu dengan pancaran sinar matahari. Perlindungan  Gorilla Glass 3 tambah menyempurnakan perangkat dengan bandrol Rp 2,99 juta tersebut.
Pada sektor dapur pacu, Microsoft Lumia 640 XL ini terlihat gahar, karena dinahkodai dengan sebuah Chipset Qualcomm Snapdragon 400 yang berbalut prosesor Quad Core ARM Cortex A7. Kinerja yang akan dihasilkan mampu mencapai Speed UP 1,2 GHz, dengan bantuan dari Memori RAM berkapasitas 1 GB dan juga sebuah Pengolah Grafis dari Adreno 305.
"Hardware-nya memberikan jaminan seri ini mampu melahap segala aktivitas multitasking. Untuk memenuhi kebutuhan daya hadir baterai berkapasitas 3000 mAh," tegasnya.
Sementara itu, sektor kamera depan dengan resolusi 5 MP telah lengkap dengan Lensa Wide 24mm (berfoto selfi dan Video Call). Sedangkan melebihan lainya yang tidak patut diragukan pada kamera utamanya. Berbekal kamera dengan resolusi 13 Megapiksel Autofokus lengkap dengan lensa ZEISS, Aperature f/2.0, dan juga LED Flash, gambar dipastikan jernih dan berkualitas.
Untuk ruang penyimpanan data Microsoft memberikan memori internal berkapasitas 8 GB dan juga Slot MicroSD berkapasitas 128 GB. Untuk konektifitas Microsoft Lumia 640 XL ini aan mengandalkan Wifi, Bluetooth, 3g HSDPA, 4G LTE, GPS, dual SIM, dan juga port MicroUSB. (ley/han)