Hardware Mumpuni Sempurnakan Ponsel Musik Jade

MALANG – Penghujung tahun lalu, vendor Acer meluncurkan dua seri dengan layar berukuran 5 inci. Salah satunya, Acer Liquid Jade yang memiliki resolusi hingga 294 pixel per inch (ppi) untuk menyempurnakan keunggulan perangkat ini sebagai ponsel musik.
“Acer Liquid memiliki daya tarik pada sisi audionya yang menggunakan teknologi DTS. Suaranya sangat jernih bila dipasangkan pada smartphone,” ujar Sales Counter Tiga Putra, Dwi Agustini.
Dia menyebutkan, untuk seri Liquid Jade yang mulai hadir di pasar gadget lokal Desember lalu ini, tidak hanya mengandalkan sisi audio saja. Pasalnya, display layar seri ini mampu menampilkan resolusi mencapai 1280 x 729 pixel. Alhasil, ketajaman dan kecerahan warna siap memanjakan siapapun yang memutuskan membeli perangkat ini.
“Sudut pandang juga menjadi lebih luas, sebab layarnya telah menggunakan teknologi in plane switching (IPS). Sehingga, ketika terkena sorotan sinar matahari pun, masih tetap jelas tinggal memainkan kecerahan layar yang akan berpengaruh pada konsumsi baterai,” urai Dwi kepada Malang Post.
Pada sisi hardware, Acer Liquid Jade berbekal dapur pacu Quad Core dengan kecepatan 1,3 Ghz. Prosesor itu menggunakan MediaTek MT6582 yang telah teruji kualitasnya untuk menopang smartphone kelas menengah ke atas. Selain itu, RAM tidak kalah berkelas pula untuk memberikan daya akses perangkat yang berkualitas.
Seri ini menggunakan RAM berukuran 2 GB yang dikombinasikan dengan pengolah grafis GPU Mali 400 MP2 untuk membantu operasional smartphone ketika menjalankan games dengan gambar HD. “Hardwarenya sangat mumpuni dan membuat seri ini memiliki target pengguna menengah ke atas,” beber dia.
Dwi menerangkan, seri ini sudah mengusung sistem operasi Android 4.4 KitKat untuk memberikan user interface lebih baik ketimbang beberapa generasi sebelumnya. Selain itu, perangkat mendapat jaminan bisa menerima instalasi aplikasi terkini, yang membutuhkan sokongan KitKat.
Perangkat ini memiliki kamera yang tak kalah istimewa. Sebagai bukti, kamera utama memiliki lensa 13 MP yang mampu menghasilkan jepretan dengan resolusi maksimal mencapai 4160 x 3120 piksel. Resolusi yang besar ini mendapatkan dukungan autofocus dan LED Flash. “Tetapi untuk kamera selfie, masih berkekuatan 2 MP saja,” tegasnya.
Smartphone dengan bandrol Rp 3 juta ini memiliki ruang penyimpanan internal sebesar 16 GB. Ruang yang luas, membuat pengguna tidak khawatir memiliki beragam aplikasi di perangkatnya. Bila merasa kurang, memanfaatkan slot microSD dengan kapsitas mencapai 32 GB sangat tepat, terutama untuk menyimpan file multimedeia. (ley/han)