Ajak Developer Muda Kembangkan Smart City

MALANG – Telkomsel mengajak generasi muda untuk terus berkarya bagi bangsa. Dengan menggelar Digital Creative Indonesia Competition di Malang, Telkomsel mencari bibit-bibit muda yang mampu membawa kota-kota di Indonesia merealisasikan konsep Smart City (Kota Pintar) dengan menciptakan mobile application yang bermanfaat untuk kota tersebut.
Untuk memperkenalkan acara ini, kemarin (20/5/15), Telkomsel melakukan sosialisi kegiatan The NextDev: Karya Anak Bangsa untuk Solusi Indonesia. Dikemas dengan talkshow interaktif dari berbagai narasumber ahli, kegiatan ini digelar di Aula lantai 4 gedung Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB).
"Telkomsel bersama Telkom Group mendukung pengembangan smart city di seluruh Indonesia melalui teknologi yang tepat guna. Hal ini akan membantu mengatasi berbagai permasalahan di perkotaan," ujar Vice President Technology and System Telkomsel, Ivan Cahya Permana sebelum kegiatan sosialisasi dimulai.
Dikatakannya, Telkomsel mengajak para developer (pengembang aplikasi) muda di Malang untuk meluapkan kreativitas dan kapasitasnya di bidang teknologi. Hal ini demi menunjang pengembangan Smart City, dimana berbagai elemen berupaya menyelesaikan masalah perkotaan dengan teknologi. Seperti halnya di beberapa kota yang sudah melakukannya.
Talk show interaktif yang diselenggarakan kemarin ini, dilakukan untuk memberikan wawasan dasar tentang mengembangkan sebuah aplikasi smartphone. "Sehingga, setelah talk show The NextDev ini, para developer muda yang akan berlomba-lomba membuat aplikasi, memiliki pemahaman yang banyak untuk menciptakan aplikasi mobile yang berkualitas," tandasnya.
Pembicara dalam talkshow ini, di antaranya Ivan sendiri, CEO LayangLayang Mobile Prasetyo Andy W dan Google Developer Expert, Yohan Totting. Malang merupakan kota kedua yang dikunjungi The NextDev dari Telkomsel. Sebelumnya, kegiatan ini dilaksanakan di Medan dan berhasil menghimpun lebih dari 300 peserta talkshow
"Kami masih akan melaksanakan sosialisasi ini di beberapa kota besar lain, seperti Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Yogyakarta, Surabaya. Denpasar, Balikpapan dan Makasar," tegas Ivan. Sedangkan untuk registrasi peserta, dilaksanakan pada periode Mei-Juni 2015. Dari seluruh peserta The NextDev, akan dipilih 20 finalis yang selanjutnya akan dikarantina pada 15 Agustus 2015.
Dari 20 finalis ini, akan dipilih 3 terbaik yang akan mendapatkan hadiah utama berupa uang tunai dan study visit ke pelaku industry telekomunikasi di Korea Selatan. "Hadiahnya Rp 5 miliar, tapi tak berbentuk uang, melainkan Market Acces, Marketing Publicity, Mentoring, Management Trip ke Korea Selatan dan fresh money," pungkasnya.
Untuk mendaftar kompetisi The NextDev ini, masayarakat bisa mengakses www.telkomsel.com/nextdev dengan ketentuan, peserta berusia 18 sampai 30 tahun dan bisa mendaftar sebagai individu maupun tim. (erz/han)