Tak Bisa Benar-Benar Hapus Data

Fitur factory reset yang dipunyai oleh sebuah tablet ataupun smartphone difungsikan untuk mengembalikan perangkat seperti pada pengaturan default dari pabrik. Namun pada kenyataannya, para peneliti menemukan kalau factory reset ternyata tak menghapus semua data pribadi yang tersimpan pada ponsel atau tablet.
Peneliti dari Universitas Cambridge menemukan kalau seorang hacker bisa saja memanen data dari sebuah ponsel yang telah di-factory reset-kan. Mereka mengungkapkan kalau terdapat dekripsi kunci yang dipakai untuk menyimpan file dan tidak akan terhapus meski handphone sudah direset ke pengaturan pabrik.
Dengan mengakses ke file tersembunyi itu, seorang hacker pun bisa memaksakan untuk mengakses file-file yang sebelumnya tersimpan di ponsel. Dalam penelitian yang mereka lakukan, para peneliti itupun berhasil memperoleh berbagai jenis data yang sebelumnya telah dihapus melalui factory reset. Baik itu foto, video, SMS dan lain-lain. Bahkan mereka juga bisa melakukan sinkronisasi ponsel dengan akun Google pemilik ponsel sebelumnya.
Namun yang perlu ketahui, celah factory reset ini dijumpai oleh para peneliti untuk perangkat Android. Namun tak menutup kemungkinan kalau perangkat lain juga mempunyai permasalahan serupa.(brt/han)