Efisien, Powerbank Bertenaga Matahari

MALANG – Pengguna smartphone yang memiliki hobi naik gunung sekarang tidak perlu lagi resah dengan baterai ponsel yang digunakan. Sebab sekarang ini ada powerbank yang menggunakan  tenaga sinar matahari untuk pengisiannya. “Biasanya kalau naik gunung, setelah baterai dan powerbank habis, ponsel tidak lagi bisa digunakan. Tapi sekarang tidak perlu resah, karena ada powerbank yang memanfaatkan sinar matahari untuk pengisian baterainya,’’ kata Kepala Toko de Little Shop Matos Asih Mirasih.
Wanita ini menyebutkan, cara kerja powerbank ini sangat simpel. Saat tidak ada colokan listrik, pengguna bisa langsung menjemurnya di bawah sinar matahari. “Ada lempengan di bagian atas power bank yang fungsingnya untuk menyerap sinar,’’ katanya. Sinar yang terserap ini mampu melakukan recharging baterai yang terdapat pada powerbank.  
 “Karena di gunung tidak ada colokan listrik, dan membawa aki sangat berat, solusinya ini saja,’’ kata Asih.
Bobot powerbank ini cukup ringan, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Bodi power bank juga dilapisi dengan karet, sehingga nyaman saat dipegang. “Modelnya kotak simpel di bagian ada ada lubang untuk memasang tali,’’ katanya.
Sekalipun dilengkapi dengan lempengan untuk menyerap tenaga surya, powerbank ini juga dilengkapi dengan port USB. Port ini berfungsi untuk pengisian baterai, menggunakan tenaga listrik.
Menariknya lagi, powerbank yang dibuat pabrikan asal Taiwan ini memiliki kapasitas baterai sangat besar, 60000 mAH. Dengan kapasitas tersebut, baterai ini dapat melakukan pengisian perangkat lain hingga berulang kali. “Tidak hanya ponsel, tapi power bankini juga bisa melakukan pengisian baterai kamera, PSP, atau perangkat elektronik lain,’’ tandas Asih.(ira/han)