Harga Murah Pas Bagi Pemula

MALANG – Memasuki triwulan kedua 2015, Advan telah merilis ponsel android murah terbarunya. Seri dengan sasaran entry level bernama Advan Star Fit S45A ini melengkapi keluarga Rising Star dari vendor lokal dengan keunggulan harga terjangkau. Namun demikian, sudah menjadi smartphone yang berfitur lengkap.
Owner Loechya Cell, Siska Lusia mengatakan, seri ini biasa disebut dengan Advan Star Fit. Seri tersebut mengusung layar berukuran 4,5 inci dengan fitur andalan seperti sistem operasi (OS) terlaris, Android 4.4 KitKat. “Paling utama seri ini memang mengandalkan harga yang dibandrol di bawah Rp 1 juta. Sasaran pemula tetapi fiturnya terhitung lengkap,” katanya.
Menurut Siska, Advan Star Fit jadi  buruan, terutama bagi pengguna yang masih baru beralih pada teknologi Android dari features phone. Namun, tak perlu kawatir sebab koneksi dan tampilan tetap terjamin. “OS KitKat memberikan user interface berkualitas serta memberikan dukungan ke dunia maya yang lebih cepat. Setara pula dengan ponsel di atas Rp 1 juta,” bebernya kepada Malang Post.
Melihat dari segi layar pada Advan Star Fit S45A, layar medium berukuran 4.5 inch menjadikannya mudah dimasukan dalam kantong pakaian. Selain itu layarnya telah menggunakan jenis IPS capacitive touchscreen. Sehingga mampu menyuguhkan kualitas layar cemerlang nan tajam.
“Resolusi yang dimiliki WVGA 480 x 800 pixel  menyesuaikan harganya yang terjangkau.  Layarnya telah mendukung kemampuan multitouch hingga lima titik sentuhan meskipun kaca layarnya tidak dilapisi lapisan anti gores,”  urai dia.
Fitur ini telah memiliki dua  kamera. Usungan kamera utama 5 MP memiliki  resolusi 1944 x 1080 pixels sangat pas ketika dimaksimalkan untuk mengabadikan setiap momen indah penggunanya. Kamera belakang tersebut disempurnakan fitur LED Flash serta auto focus sehingga hasil bidikannya cukup berkualitas. Dari kamera utama ini juga mampu digunakan sebagai kamera video untuk  perekaman video.
Bagi pengguna yang gemar berselfie atau beraktivitas dengan kamera depan, dalam Advan Star Fit berbekal kamera depan beresolusi 2 MP. Hasil  bidikan kamera depan ini lebih baik daripada lensa VGA. Pengguna dapat leluasa berselfie, melakukan panggilan video ataupun menggunakan video chatt.
Untuk menyimpan beraneka macam hasil foto atau video serta unduhan aplikasi dan game, seri ini dibenamkan memori penyimpanan berkapasitas 4 GB. “Memori penyimpanan pada smartphone ini dapat diekspansi menggunakan microSD berkapasitas maksimal 32 GB sehingga pengguna dapat lebih leluasa menyimpan semua file yang ada,” terang Lusi, sapaan akrabnya.
Beralih ke sektor jaringan dan konektivitas. Jaringan dalam Advan Star Fit terdiri atas jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz yang mendukung jaringan GPRS dan EDGE untuk koneksi internet. Selain itu perangkat tersebut telah dibekali jaringan 3G HSDPA 850 / 1700 / 2100 MHz dengan kecepatan HSDPA saat digunakan berselancar di dunia maya. Sama seperti smartphone lokal lainnya yang memiliki ciri khas bekalan Dual SIM.  Begitu pula dengan smartphone ini yang mendukung dual Stand by GSM-GSM dengan harga dibawah satu jutaan.
Konektivitas  smartphone kitkat harga dibawah sejutaan ini juga cukup lengkap. Diantaranya adalah bekalan Bluetooth v4.0 serta port microUSB v2.0 untuk digunakan memindah atau transfer file dari smarthphone  ke perangkat lain. Tidak hanya itu, Advan Star Fit  dibekali  dengan  WiFi 802.11/b/g/n/ac untuk jelajah internet menggunakan jaringan hotspot serta mendukung Wi-Fi hotspot untuk tethering.
Fitur lain yang tersemat didalam smartphone ini diantaranya adalah GPS navigasi, Java MIDP emulator support, Browser juga beberapa fitur pendukung lainnya seperti sensor Accelerometer, Proximity dan Compass. Pada bodinya dibelai colokan earphone 3.5 mm jack serta Loudspeaker untuk kebutuhan audio penggunanya. (ley/van)