Sambut Ramadan, Indosat Modernisasi Jaringan

MALANG – Indosat terus mengoptimalkan modernisasi jaringan yang kini telah berlangsung. Modernisasi berupa perubahan jaringan dari 2G ke 3G ini telah mencapai 50 persen dan optimis akan selesai untuk menopang lonjakan trafik, terutama sektor trafik data yang akan terjadi tatkala momen Ramadan dan Idul Fitri tiba.
Head of Region East Java & Bali, Nusra PT Indosat, Wasis Sulaiman mengatakan modernisasi ini terus dikebut oleh Indosat. “Untuk saat ini, perubahan jaringan sudah separuh jalan. Dalam waktu sebulan, modernisasi ini ditarget selesai,” katanya.
Menurut dia, porsi modernisasi jaringan ini sebesar 82 persen dari seluruh wilayah dalam jangkauan coverage Indosat. Sisanya, untuk wilayah Surabaya, Gresik dan Sidoarjo telah mendapatkan modernisasi sejak tahun lalu.
“Untuk tahun ini, porsi 82 persen modernisasi kami maksimalkan, terutama untuk menghadapi kenaikan trafik ketika Ramadan. Paling besar, kenaikan trafik pada sektor layanan data,” ujar dia dalam Sharring Session Persiapan Ramadan Indosat Jatim 2015, Kamis (28/5/15) kemarin.
Menurutnya, modernisasi ini berupa penambahan bandwitch dan transporter sehingga area cover lebih luas, kecepatan internet  mencapai 42 Mbps dengan  dual carrier hingga layanya HD voice better. Sehingga, selain dimanjakan dengan layanan data, customer Indosat juga mendapatkan kualitas sambungan telepon yang lebih jernih pula.
Wasis menyebutkan, sepanjang 2014 lalu Indosat mengalami pertumbuhan signifikan, terutama sektor layanan data. Sektor ini bertumbuh 49 persen, mengungguli SMS yang bertumbuh 15 persen dan voice sebesar 7 persen.
“Sesuai dengan perkembangan penjualan gadget pula, tahun lalu smartphone sangat pesat penjualannya. Pengguna smartphone pasti memanfaatkan kemudahan layanan data yang berpengaruh pada pertumbuhan koneksi data,” papar dia panjang lebar.
Dia mengakui, dengan persiapan yang dilakukan Indosat saat ini, pelanggan setianya akan dimanjakan ketika menghadapi momen Ramadan. Pengguna gadget bisa dengan mudah mengakses dunia maya untuk berkomunikasi ketika menggunakan Indosat. “Sambungannya pasti lebih cepat, untuk chating maupun akses media sosial,” imbuh Wasis.
Pria ramah ini menambahkan, Ramadan tahun ini, Indosat juga menggelar beragam program yang berhubungan dengan mudik. Indosat menggelar Mudik Bareng Indosat, Posko Mudik, Posko Ramadan hingga kerjasama mudik dengan kepolisian.
“Kami menyiapkan 100 posko mudik, kerjasama dengan 80 pos polisi dan 20 polres serta 100 masjid untuk penyaluran CSR. Ini khusus untuk area Jatim, Bali dan Nusra,” jelas dia.
Selain itu, Indosat memiliki program IM3 Pinternet, yang membuat pelanggan bisa mengakses media sosial dan beberapa situs populer tanpa berbayar. Bagi pelanggan ini, hanya dengan mengakses internet.org dan berlanjut memilih situs yang dimaksud. “Berlaku selama 24 jam, termasuk untuk momen Ramadan,” tandasnya. (ley/han)