Uji Jaringan, XL Amankan Acara Mantu Jokowi

Desi Sari Dewi tengah serius memperhatikan materi yang dipaparkan 5 region XL di Indonesia di kantor XL Malang,  kemarin sore.  

SURABAYA - Uji jaringan jalur mudik jelang mudik lebaran 2015,  diam-diam dimanfaatkan PT XL Axiata untuk kepentingan rencana resepsi pernikahan putra Presiden Jokowi,  11 Juni mendatang.
Caranya, XL Semarang telah melakukan pengecekan sinyal di kawasan Grahasaba, Solo. Hasilnya,  selain aman untuk pemudik yang melintas di Semarang-Solo,  para tamu undangan Jokowi dijamin tidak mengalami kendala komunikasi.
"Jadi diam-diam kita juga ingin memberikan layanan terbaik untuk para tamu undangan pak Jokowi,  saat resepsi, " ujar I Gede Darmayusa,  VP Service Partnership melalui teleconference,  Kamis sore.
Uji jaringan dan layanan xl menjelang Ramadan 2015 digeber serentak di 5 region di Indonesia.  Di antaranya region Surabaya,  Semarang,  Jabodetabek,  Banjarmasin dan Padang. Uji jaringan dilakukan dengan cara menyusuri jalur mudik Ramadhan dan Lebaran.  Jika selama ini fokus hanya di jalur Pantura,  uji jaringan tahun ini formatnyan diubah.
"Masyarakat yang mudik lebaran tidak hanya di Pantura saja.  Tetapi untuk Jatim mudik ke Madura dan Malang cukup padat, " kata Desi Sari Dewi,  VP Sales Opeartion  East Region kepada Malang Post,  Kamis petang.
Sementara itu dari catatan Malang Post di perjalanan uji jaringan dari Surabaya-Madura-Malang, secara teknis jaringan XL di Jatim cukup siap.  Signal yang dipancarkan alat uji jaringan mayoritas didukung jaringan 3G.
"Dari hasil ini sekaligus menjadi bahan kami untuk terus meningkatkan layanan di wilayah Jatim. Apalagi jelang hari lebaran biasanya volume voice turun,  SMS turun dan data naik cukup drastis, " papar Desi.
Dia mengatakan,  di Jatim sudah berdiri 11 ribu BTS untuk menopang kurang lebih 6,7 juta pelanggan. Sedang di wilayah Nusra (Nusa Tenggara)  pelanggan ada 4,3 juta, " jelas Desi.
Saat mengakhiri uji jaringan yang berakhir di XL Malang dilakukan kunjungan ke BTS di Tulusrejo,  Blimbing. BTS yang berada di lingkungan warga itu tingginya kurang 55 meter.
Selain untuk XL, BTS di Tulusrejo juga disewakan untuk operator lain seperti Indosat sampai Telkomsel.  "Sebelumnya Flexi dan Esia juga sewa,  tetapi sudah lepas karena keduanya sudah tidak aktif lagi," pungkasnya.
Secara keseluruhan uji jaringan XL se Indonesia diakhiri dengan teleconference dengan tim dari 5 area. Hadir juga dalam tatap muka di dunia maya ini Dian Siswarini Dirut XL di region Jabodetabek.  (has/han)