Smartphone dan Tablet Menjadi Satu

MALANG – Asus cukup getol mengenalkan produknya ke pasaran Indonesia. Salah satu produk besutannya adalah Padfone S. Bukan Asus namanya jika tidak membuat perangkat ini berbeda. Karena selain dibekali dengan teknologi yang keren, perangkat ini mampu bertransformasi sebagai tablet dengan luas layar 8.9 inci.  
 “Ada dua jenis paket penjualan. Paket smartphone only atau paket smartphone dengan kerangka tablet,’’ kata Marketing Karna Jaya Cellular, Fitri Hidayah.
Kepada Malang Post Fitri menyebutkan, kehadiran Padfone S ini mampu menjawab kebutuhan masyarakat dalam segala hal. “Ingin kemana-mana simpel, pengguna cukup membawa smartphone, namun saat membutuhkan layar lebih lebar, cukup menancapkan smartphone pada kerangka tablet yang disediakan. Saat itu juga, ponsel itu berfungsi sebagai tablet,” katanya.
Memang banyak orang bertanya kekuatan docking yang terdapat di bagian belakang tablet tersebut. Lebih-lebih jika sering digunakan. Potensi kendor saat menancapkan ponsel ke kerangka tablet akan sangat besar. Tapi Fitri pun langsung menepis kekhawatiran tersebut. Asus yang sudah cukup lama menciptakan perangkat smartphone telah memikirkan hal tersebut. “Ini bukan perangkat pertama yang diciptakan Asus. Sebelumnya  Asus telah menciptakan Padfone mini dan Padfone Infinity 2. Ini merupakan penerus keduanya,’’ tambah  wanita berambut panjang ini.
Disinggung tentang spesifikasinya, Fitri menjelaskan dengan gamblang. Pada dasarnya, ASUS Padfone S merupakan smartphone, namun dapat digabungkan ke tablet khusus. Padfone S telah medukung Jaringan 4G LTE. Ponsel ini mendukung CPU Snapdragon 801, dengan prosesor  quad core 2.3GHz. Perangkat ini dibekali dengan memori internal 16GB, serta RAM 2GB.
“Layar IPS 5 inci full HD 1920 x 1080 pixel, dengan kepadatan warna hingga 441 ppi bisa bertransformasi menjadi tablet 8.9 inci,’’ katanya. Baik layar ponsel maupun tablet sudah dilindungi dengan Gorilla Glass. Sehingga bisa dipastikan, layar tersebut bebas dari berbagai goresan.
Untuk kamera, Asus menanamkan lensa 13 megapiksel di kamera belakangnya, sedangkan kamera depannya mendukung lensa 2 megapiksel untuk smartphone, dan 1 megapiksel untuk versi tablet. Kamera tersebut mampu merekam video 4K Ultra HD dengan kualitas gambar (3840 x 2160 pixel) @30fps. “Ponsel ini dibekali dengan baterai 2300 mAh, tapi tablet perangkat ini juga dibekali dengan baterai 4990 mAh, sehingga meskipun digunakan sebagai tablet tetap lebih awet,’’ tandasnya.(ira/han)