Pemerintah Minta Harga Rp 400 Ribuan

Para penyedia layanan internet di Indonesia kini berlomba-lomba untuk menawarkan layanan 4G LTE miliknya. Ditambah lagi, saat ini ponsel Android 4G LTE murah juga sudah mulai membanjiri pasar tanah air. Hal ini pun didukung dengan kebijakan Pemerintah Indonesia yang berambisi untuk menekan harga jual smartphone 4G LTE serendah mungkin.
Menkominfo Rudiantara mengungkapkan, smartphone Android 4G LTE pada masa mendatang bakal bisa dipatok dengan banderol Rp 300 ribuan hingga Rp 400 ribuan. Hal itu, lanjutnya, bisa terjadi pada tahun 2018 atau 2019. Penurunan harga itu bisa terjadi karena meningkatkan daya beli masyarakat.
Selain itu, penurunan harga smartphone 4G LTE itu juga diharapkan bisa terjadi berkat adanya regulasi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang bakal efektif pada 1 Januari 2017. Dengan regulasi ini, maka para produsen smartphone pun berupaya untuk menggunakan komponen yang didapatkan dari dalam negeri. Dan hal ini pun bakal mendukung peningkatan industri smartphone lokal.
Ponsel Android 4G LTE yang termurah di pasar tanah air saat ini berkisar di angka Rp 1 jutaan. Dengan jangka tiga hingga empat tahun mendatang, tak menutup kemungkinan kalau handphone 4G LTE bakal bisa diperoleh dengan harga Rp 300 ribuan. (brt/han)