Android M, OS Terbaru dari Google

Google telah mengumumkan versi terbaru dari sistem operasi mobile mereka yaitu Android M pada acara Google I/O Developer. Namun kepanjangan Android M atau nama resmi versi OS mereka terbaru belum diungkap oleh Google, jadi kita sebut saja dengan Android M. Versi terbaru yang ada pada saat ini yaitu Android 5.0 Lollipop sebenarnya masih belum lama hadir, masih kurang lebih 7 bulan saja, dan tingkat adopsinya pun belum lah besar, masih sekitar 10 persen.
Tetapi memang perkembangan teknologi software dan tuntutan sistem operasi mobile yang lebih baik membuat Google terus menghadirkan versi terbaru dari Android ke pasar. Jadi, apa saja sih yang baru di Android M?.
Perizinan aplikasi/App Permissions
Masalah perizinan aplikasi yang sering ditanyakan saat instalasi aplikasi akan dirombak dan dibuat lebih lengkap sehingga pengguna benar-benar dapat mengatur secara detail, terutama kita bisa mengatur aplikasi apa saja yang diperbolehkan mengakses fitur tertentu dari perangkat kita.
Google Now yang lebih baik
Google Now yang merupakan asisten digital semacam Siri dan Cortana ditingkatkan sehingga bisa mengenali ruang lingkup penggunaan lebih baik.
Android Pay
Sesuai namanya, Android Pay adalah layanan pembayaran mobile dari Google, seperti kehadiran kembali Google Wallet System yang mendukung NFC serta sidik jari.
Baterai Lebih Tahan Lama
Dalam keseharian, perangkat Android seringkali bermasalah dalam hal ketahanan baterai di mana banyaknya aplikasi seringkali membuat baterai cepat habis, Android M memperkenalkanf itur mode Doze yang menggunakan sensor pada perangkat untuk mengenali saat perangkat tidak digunakan, seperti apabila ditaruh di meja atau ditaruh di saku yang membuat perangkat masuk dalam mode deep sleep yang menggunakan daya sangat minim untuk penghematan.
Berbagi Langsung/Direct Share
Fitur berbagi merupakan fitur penting di mana kita seringkali perlu membagikan file, atau data. Android M berusaha memudahkan hal ini dengan membuat perangkat mengenali bagaimana, dan kemana bahkan kepada siapa kita sering berbagi, sehingga Android M dapat menempatkan pada bagian atas daftar. Walau peningkatan ini bukan signifikan tetapi cukup berguna bagi kita yang suka berbagi.
Pencarian Google Play Lebih Baik
Google Play Store merupakan gerbang utama dalam menemukan dan menginstall aplikasi baru di Android, sehingga Android M perlu untuk menghadirkan peningkatan dalam pencarian aplikasi di Play Store dengan personalisasi lebih serta pencarian lebih pintar. Play Store akan mendeteksi aplikas yang telah terinstall, sejarah pencarian serta informasi lain untuk menampilkan aplikasi yang lebih sesuai pada hasil pencarian, yang juga ditempatkan dalam kategori-lategori. Selain itu akan ada penanda bagi aplikasi yang aman untuk anak-anak dan keluarga]
Fitur UI Baru
Google menghadirkan tema UI baru dalam Android M yaitu dark mode sehingga kita bisa berganti tema dari light ke dark, di mana fitur ini sudah banyak diminta oleh banyak pengguna Android. Mode ini pun kita bisa atur supaya bisa berganti secara otomatis.
Kita nantikan saja kehadiran resmi Android M pada Oktober atau November nanti dan kita lihat apakah ada fitur tambahan yang belum diumumkan juga ikut hadir.(brt/han)