Kunci Sepeda dengan Bluetooth

Belum banyak kunci sepeda yang menjamin keamanan dan menonjolkan sisi praktis. Sisi praktis bisa dilihat dari pengoperasiannya maupun bentuknya. Anda akan kagum saat membuka kunci sepeda dengan mengoperasikan bluetooth.
Menarik, kan? Itulah yang diperkenalkan Linka Bike Lock. Kunci sepeda tersebut bisa dioperasikan melalui bluetooth dari smartphone. Saat pemilik sepeda hendak menuju tempat parkir, Linka bisa mengenali kehadiran pemilik melalui bluetooth. Dari jarak beberapa meter saja, Linka secara otomattis akan terbuka.
Tentu smartphone yang Anda miliki harus didukung bluetooth 4.0 atau ke atas. Dengan demikian, pemilik Linka bisa mengunduh aplikasinya melalui smartphone untuk proses pairing. Bentuknya menyerupai borgol. Bobotnya juga relatif ringan, sekitar 500 gram, dan terbuat dari baja antipatah dan antibengkok.
Maling tentu akan kesulitan untuk mematahkan atau memotongnya dengan gergaji. Pemilik bisa mengakatkannya di roda belakang atau roda depan sebelum meninggalkan sepeda di lapangan parkir. Linka juga tidak harus dilepas dan dipasang seperti kunci-kunci lain. Pemilik tinggal membuka Linka melalui bluetooth.
Linka yang diklaim tidak kenal macet sedang berada dalam tahap pengembangan crowdfunding KickStarter dengan banderol harga USD 99 atau sekitar Rp 1,2 juta. Model lain yang mendapat tambahan rantai dibanderol seharga USD 139 atau setara dengan Rp 1,8 juta.(jpnn/han)