Manjakan Penyuka Upload dan Download Data

MALANG – Medio Mei lalu, Microsoft telah meluncurkan dua seri yang telah menggunakan sistem Windows generasi terbaru sebagai sistem operasinya. Perangkat dengan OS Windows 8.1 ini bernasma Microsoft Lumia 640 Dual, yang sudah membawa pula jaringan 4G LTE untuk menunjang pengguna yang gemar upload dan download data.
“Bulan lalu yang telah meluncur seri Lumia 640 XL. Sedangkan seri Lumia 640 Dual baru di pekan ini,” ujar Promotor Microsoft Mall Olympic Garden (MOG) Malang, Amir Romansyah.
Dia menuturkan, perangkat ini memiliki perbedaan pada koneksi yang sudah mendukung jaringan terbaru, 4G LTE. Alhasil, ketika jaringan tersebut sudah diaplikasikan oleh semua operator termasuk di Malang, menjanjikan kecepatan upload hingga 50 Mbps. Sedangkan untuk download bisa mencapai 150 Mbps.
“Jaringan terbaru yang gencar dikembangkan provider coba diimbangi oleh Microsoft dengan seri yang sudah berbalut 4G. Banyak customer, yang mulai bersiap dengan membeli gadget yang sudah support 4G pula,” urai Amir kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, kinerja Microsoft Lumia 640 ini berkualitas dengan kehadiran chipset Qualcomm Snapdragon 400. Chipset ini berkolaborasi dengan prosesor Quad Core ARM Cortex A7 untuk memberikan kecepatan akses aplikasi mencapai 1,2 GHz. “Prosesor empat inti ditunjang juga dengan RAM berkapasitas 1 GB. Untuk pengolah grafisnya dari Adreno 305, sehingga lebih optimal menopang kinerja dan lebih cepat meskipun membuka aplikasi games yang memiliki resolusi gambar sangat tinggi,” urai dia panjang lebar.
Perangkat ini menggunakan layar sentuh dengan fitur tak kalah berkualitas, misalnya anti gores dari Gorilla Glass 3. Selain itu smartphone dengan layar 5 inci ini mengusung layar HD beresolusi 1280 x 720 piksel. Layar ini dijamin jernih dan memiliki keragaman warna mencapai 16 juta warna. Sementara, untuk tingkat kerapatan gambarnya sebesar 294 pixel per inch (ppi).
Microsoft tidak melupakan fitur kamera pada seri ini. Sebagai bukti, kamera utama Lumia 640 ini memiliki lensa beresolusi 8.7 MP. Selain itu, fitur autofocus telah lengkap dengan kehadiran LED flash. Sedangkan di bagian depan memiliki resolusi 0,9 MP untuk menunjang video chat.
Amir menyebutkan, bila fitur penyimpanan Lumia 640 ini sangat luas. Untuk sektor internal dengan kapasitas 8 GB, sedangkan ruangan kedua melalui slot microSD memiliki kapasitas mencapai 128 GB. “Ekspansi memori bisa dioptimalkan untuk menyimpan beragam file. Mulai dari foto, MP3, video hingga file penting ketika download dari internet,” sebutnya.
Sementara itu dari segi konektivitas, selain membawa jaringan 4G LTE, smartphone ini juga support 3G HSDPA, GPS, Wifi, Bluetooth, Dual SIM hingga port Micro USB. (ley/han)