Miliki RAM Lebih Besar

MALANG – Awal bulan ini, vendor Huawei meluncurkan beberapa seri low end. Salah satunya Huawei Y5 yang kini telah beredar di pasar gadget lokal, yang merupakan kakak kandung dari Huawei Y3, dengan perbedaan pada ukuran RAM. Seri ini, telah mengusung RAM sebesar 1 GB.
“Huawei Y5 memiliki RAM yang lebih besar ketimbang Y3 yang masih 512 MB. Hardware ini menunjang perangkat untuk menjelajah aplikasi,” ujar Promotor Huawei Gajahmada Plaza, Naimah.
Dia mengungkapkan, RAM dua kali lipat lebih besar memberikan jaminan ketika perangkat digunakan untuk aktivitas multitasking. Apalagi, beberapa waktu belakangan ketika teknologi semakin berkembang, aplikasi terbaru memiliki ukuran yang besar dan sudah mengusung gambar HD. Bila RAM tidak memadai, maka perangkat akan melambat.
“Huawei mencoba menjawab pengguna yang masuk dalam kategori aktif menginstal dan menjalankan aplikasi. Tidak perlu biaya mahal, hanya Rp 1,199 juta,” beber dia kepada Malang Post.
Ima, sapaan akrabnya menjelaskan, selain RAM, seri ini juga sudah menggunakan resolusi kamera belakang lebih besar. Huawei Y5 mengusung lensa berukuran 8 MP untuk menunjang pengguna yang hobi menjepret objek di depannya. Tidak perlu khawatir akan kualitas, pasalnya seri ini juga telah mendapatkan balutan LED flash serta fixed focus, yang mempermudah ketika membidik objek.
“Kameranya pun membawa fitur quick snapshot dengan kecepatan 0,6 detik. Kamera depan juga memiliki fitur serupa. Perbedaan pada resolusi, yang masih mengusung lensa 2 MP saja,” jelasnya.
Pada sisi penyimpanan, perangkat yang mengusung seri batik di awal perkenalannya ini memiliki ruang sebesar 8 GB di bagian internal. Ruang ini untuk menunjang pengguna yang ingin memasang ragam aplikasi pada gadgetnya. File penting, disarankan pula untuk disimpan di bagian ini agar lebih mudah aksesnya.
Sementara bila ingin menyimpan file multimedia, misalnya MP3 untuk menunjang aktivitas mendengarkan musik, sisi eksternal memory dengan slot microSD bisa dimaksimalkan hingga 32 GB. Kapasitas ini mampu menerima hingga 1000 lagu lebih, dipadukan dengan hasil jepretan atau foto yang sudah disimpan oleh pengguna.
Dia meyakini, bila seri yang kini ditawarkan pula dengan hadiah menarik seperti t-shirt, thumbler dan boneka ini, akan menjadi andalan terbaru di kelas low end. Sama halnya dengan Huawei Y3 yang meluncur di hari yang sama awal Juni ini. (ley/han)