Gandeng Telin untuk Layani Pasar Internasional

MALANG POST – Huawei mengandeng Telekomunikasi Indonesia International (Telin) untuk melakukan kerjasama pusat inovasi. Kerjasana Huawei dengan anak usaha PT Telkom itu juga bertujuan mengembangkan model bisnis baru yang akan digunakan untuk melayani pasar internasional.
Penandatanganan kerjasama tersebut sudah dilakukan oleh Chief Marketing Officer (CMO) Telin, Natigor Sitorus bersama Managing Director Business Transformation Huawei Core Network, Tan Feng di Singapura, pekan lalu.
Dalam MoU tersebut, Huawei akan memberikan kontribusi berupa transfer keahlian di berbagai bidang teknologi. Mereka juga menyiapkan sarana dan pra sarana di pusat inovasi untuk membantu Telin dalam mengembangkan pangsa pasar internasional. Natigor menjelaskan, proyek tersebut bakal mengimplementasikan teknologi Huawei Communications as a Service (CaaS). Teknologi Huawei CaaS akan membuka kapabilitas jaringan telekomunikasi untuk membuat konten aplikasi yang lebih baik dan mengembangkan basis pelanggan.
"Ini merupakan cara baru bagi operator untuk memanfaatkan jaringan infrastruktur dalam berbagai bidang," ujar Natigor dalam siaran persnya.
Di sisi lain, Tan Feng mengatakan perjanjian tersebut bakal memperdalam kerjasama antara Huawei dan Telin. "Ini merupakan kehormatan menjadi rekan Telin untuk meningkatkan pasar industri vertikal dan mendukung pengembangan Bisnis Telin yang berkelanjutan di pasar Internasional," kata Tan Feng. (jpnn/han)