Mengintip Desain iPhone 7

APPLE dikabarkan telah menyiapkan generasi terbaru penerus iPhone 6. Rumor yang beredar menyebut gadget terbaru buatan perusahaan asal Amerika Serikat itu masih belum final soal serinya, antara iPhone 7 atau iPhone 6S.
Lantas kapan generasi terbaru iPhone akan diluncurkan? Besar kemungkinan baru September nanti. Itu mengacu pada dua iPhone sebelumnya yang juga diluncurkan pada September, yakni iPhone 6 dan iPhone 5S.
Nantinya, iPhone terbaru akan menggunakan sistem operasi iOS 9. Salah satu fitur terbarunya adalah lampu flash untuk kamera depan. Flash untuk kamera depan memang tak tersedia pada iPhone-iPhone seri sebelumnya.
Selain itu, fitur FaceTime pada iPhone terbaru juga mampu dioperasikan pada high definition 1080 pixel. Sedangkan untuk fitur FaceTime pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus hanya bisa dioperasikan pada definisi 720 pixel.
Bagi penggemar foto swadaya alias selfie, tak perlu khawatir jepretannya tak presisi lagi. Apple tampaknya memang hendak memanjakan para penggemar selfie dengan kecanggihan kamera depannya.
Untuk ukuran iPhone terbaru pun masih menjadi teka-teki. Ada yang menyebut ukurannya lebih kecil dibandingkan iPhone 6C. Tebakannya ada di angka 4 inci. Jika ukurannya mengecil, maka itu semakin menguatkan spekulasi bahwa iPhone baru memang akan hadir dengan sistem operasi iOS 9 dan prosesor terbaru. Sistem operasi dan prosesor terbaru itu memungkinkan daya tahan baterai dan kinerja iPhone lebih efisien.
Untuk daya tahan baterainya memang belum ada kabar pasti. Namun, dengan fitur Low Power Mode pada iOS 9, maka durasi baterainya pun bakal lebih lama. Model terbaru iPhone itu bakal memiliki random acces memory (RAM) 2 gigabytes (GB).
Berapa harganya? Para ahli memerkirakan iPhone terbaru dengan kapasitas penyimpanan 16 GB bakal dilepas ke pasraan dengan harga £ 539 atau mendekati Rp 11 juta. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar, tentu harganya juga lebih mahal. Untuk iPhone generasi terbaru dengan memori 64 GB diperkirakan akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp 12,5 juta, sedangkan untuk yang berkapasitas 128 GB kurang lebih dibandrol Rp 14 juta. (jpnn/han)