XL Pasang 18 BTS di Tol Gempol-Pandaan

SURABAYA – Broperasinya dua ruas jalan di Indonesia, benar-benar menjadi perhatian khusus PT XL Axiata. Buktinya, pada dua ruas tol yang baru diresmikan Presiden Jokowi, minggu lalu, langsung dilengkapi Base Transceiver Station (BTS) untuk pelanggannya.
Kedua tol yang menjadi sasaran pemasangan BTS itu antara lain tol Cikopo-Paliaman (Cipali) di Jabar dan Gempol-Pandaan di Jatim. Tidak tanggung-tanggung, XL langsung memasang 188 BTS di kedua ruas tol baru ini.
‘’Kedua ruas tol baru itu sangat strategis fungsinya. Utamanya saat mudik lebaran nanti. Makanya kami berikan pelayanan maksimal bagi pelanggan XL yang melintas di atasnya,’’ kata Ongki Kurniawan, Direktur/Chief Service Management Officer XL di kantornya, kemarin siang.
Ongki mengatakan, di atas tol Cipali yang memanjang kurang lebih 116,7 KM telah dipasang kurang lebih 170 BTS. Kemudian di atas tol Gempol-Pandaan sepanjang 13,6 KM ditempatkan 18 BTS.
‘’Tol Cipali sangat strategis bagi mobilitas orang dan barang di Pulau Jawa. Tol ini akan menjadi pilihan utama siapa saja yang akan melintasi Pantura. Begitu juga di tol Gempol Pandaan, pemasangan infrastruktur penguat sinyal sangat penting sekali,’’ paparnya.
Secara teknis, lanjut dia, rata-rata kualitas jaringan sepanjang tol Cipali sudah cukup baik. Sekitar 50 persen telah terlayani jaringan 3G. “Kemudian, ruas jalur yang tidak mendapatkan layanan 3G terlayani oleh jaringan 2G dengan kualitas yang baik. Ke depan, XL akan terus meningkatkan kualitas jaringan di sana untuk memperkuat pasar yang ada,” janjinya.
Terkait lonjakan trafik saat Lebaran nanti, Ongki menyebutkan, XL sudah menyiapkan beberapa rencana. Salah satunya menempatkan beberapa mobile BTS di Cipali dan juga penambahan sekitar 22 BTS 3G, yang akan melayani pelanggan sebelum musim mudik Lebaran.
‘’Sedang di tol Gempol Pandaan, XL menempatkan 18 BTS untuk memastikan layanan XL mampu terakses bagi pelintas dan masyarakat yang berada di sekitarnya. Jalan ini akan menjadi pilihan utama lalu-lintas antara Surabaya–Malang, yang selama ini dikenal rawan macet,’’ ujarnya.
Dia menambahkan, guna mengantisipasi lonjakan trafik di sejumlah jalur utama mudik jelang Idul Fitri, XL mempersiapkan secara maksimal jaringannya. Tidak hanya di Pulau Jawa tetapi pulau-pulau utama lainnya.
‘’Untuk mengetahui kualitasnya, kami sudah melakukan uji jaringan atau network drive test sesuai standar. Yaitu menggunakan alat ukur (TEMS) dan Tools – komputer (Map Info). Uji jaringan menggunakan kendaraan bergerak, baik bus atau pun kereta api,” pungkasnya.
Secara nasional, XL telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu KM, serta BTS sebanyak lebih dari 52 ribu BTS (4G/3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. (has/han)