Terlaris di Kelas Low End

MALANG – Semester pertama 2015 ini, pasar gadget di Malang kedatangan beberapa seri terbaru dari Samsung. Mulai dari koleksi yang menyasar pasar middle up seperti Galaxy E5 dan E7, hingga ponsel low end Samsung Galaxy J1. Seri ini, tercatat menjadi best seller di beberapa outlet berkat harganya yang terjangkau.
Promotor Tiga Putra Gajahmada Plasa, Dwi Astuti mengatakan, ada dua seri yang terhitung laris. Galaxy E7 dan Galaxy J1 dengan pasar berbeda. “Dua seri ini seperti menjadi rebutan, sampai kehabisan stok,” ujarnya.
Menurut dia, Galaxy J1 memiliki daya tarik pada sisi harga yang murah ditambah fitur yang tidak kalah seperti resolusi kamera sebesar 5 MP dan memori eksternal yang mencapai 128 GB. Harganya kini di kisaran Rp 1,49 jutaan. “Namun jangan khawatir dengan fitur perangkat ini, dijamin tidak mengecewakan,” tegas Dwi.
Dia mengakui, Samsung Galaxy J1 memiliki pasar yang lebih luas dengan harga terjangkau. Porsi yang besar di pasar gadget, sehingga ponsel ini cocok bagi anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Baik yang baru mencoba Samsung, hingga customer yang menjadikan seri ini sebagai gadget kedua.
Menurut dia, perangkat berukuran 4,3 inci mendapatkan balutan layar yang memiliki resolusi 480 x 800 piksel. Alhasil, gambar yang ditampilkan tidak mengecewakan dan terlihat lebih lebar ketika dioperasikan pengguna, karena memiliki kerapatan mencapai 218 pixel per inci. Tampilan layar pun sangat jernih mencapai 16 juta warna.  “Secara fisik, smartphone ini terlihat nyaman dalam genggaman karena memiliki ukuran 129 x 68 x 8.9 mm serta berbobot sekitar 123 gram saja,” tambah Dwi.
Sementara itu, sektor memori menjadi faktor pendukung besar sehingga menjadikan koleksi Samsung ini cepat menarik perhatian pasar. Pasalnya, dengan kapasitas memori eksternal mencapai 128 GB, maka pengguna sangat bebas menyimpan berbagai macam file, baik dalam bentuk data hingga file multimedia. “Biasanya, untuk ponsel Rp 1 jutaan belum memiliki slot eksternal sangat besar. Namun Samsung memberikannya di seri Galaxy J1,” papar dia.
Menurutnya, pada bagian internal memori yang berfungsi utama sebagai penunjang aplikasi, memiliki space sebesar 4 GB. Pengguna bisa memaksimalkan memori ini untuk menyimpan aplikasi penunjang smartphone.
Smartphone ini dilengkapi dengan dual kamera. Sisi kamera utama telah tertanam sebuah kamera dengan resolusi 5 MP yang lengkap dengan fitur auto focus dan juga Led Flash. Sedangkan untuk kamera kedua yang diusungnya memiliki ukuran 2 MP.
Tak ketinggalan sisi dapur pacunya, Samsung Galaxy J1 telah menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat. “Belum Lollipop tapi sudah sangat cepat untuk akses ke dunia maya seperti browsing dan media sosial,” tandasnya. (ley/han)