Nokia Hadir Lagi Tahun Depan

Saat ini Nokia tak lagi mempunyai kiprah di pasar smartphone dunia. Tak lain karena brand ponsel Nokia kini menjadi milik Microsoft. Hal ini terkait dengan proses akuisisi divisi perangkat mobile Nokia oleh Microsoft. Namun, lain halnya pada tahun mendatang. Lisensi brand Nokia bakal kembali ke tangan perusahaan asal Finlandia tersebut.
Dengan kembalinya brand HP Nokia ke tangan pemilik aslinya, maka ponsel dengan merek Nokia bakal bisa dijumpai lagi di pasaran. Hal ini diungkapkan secara langsung oleh CEO Nokia Rajev Suri dalam sebuah wawancara dengan majalah Jerman Manager Magazin.
Suri mengatakan, meski ponsel Nokia akan kembali bisa dijumpai di pasaran pada tahun 2016 mendatang, namun handphone tersebut bukan hasil produksi dari Nokia sendiri. Pihak Nokia hanya berperan dalam hal desain serta lisensi terkait brand Nokia yang digunakan pada produk smartphone tersebut.
Hal seperti ini bukanlah kali pertamanya dilakukan oleh Nokia. Sebelumnya, mereka telah meluncurkan tablet Android Nokia N1 yang merupakan hasil produksi dari Foxconn namun menggunakan lisensi brand Nokia.(brt/han)