Pemilik J1, Wajib Instal Lima Aplikasi Ini

MALANG - Pabrikan Samsung memiliki koleksi di kelas low end yang kini tengah menjadi best seller. Seri bernama Galaxy J1 digemari karena harga terjangkau, namun menawarkan kapasitas memori gahar baik di bagian internal maupun eksternalnya. Alhasil, perangkat ini sangat tangguh untuk menerima aplikasi kelas berat, yang biasa dipasang di gadget yang setingkat lebih tinggi di atasnya.
Teknisi iFind, Jeffri Gigih mengatakan, Galaxy J1 memiliki kapasitas eksternal memori mencapai 128 GB. Sehingga, tidak salah bila gadget ini ditanami beberapa aplikasi penting, untuk menunjang performanya. "Setidaknya, ada lima aplikasi yang harus dipasang. Untuk multimedia terutama," ujarnya.
CamFind, Hovering Controls, TuneWiki, Google Camera, hingga Helium Backup disarankan terinstal dalam Gakaxy J1. Fungsinya untuk memberikan kenyamanan ketika memutar MP3, pengaturan foto dan kamera hingga aktivitas back up data.
Dia memastikan pengguna tidak perlu khawatir akan kinerja perangkat. RAM, dapur pacu hingga pengolah grafis sangat menunjang perangkat, selain memori eksternal yang sangat luas kapasitasnya. "Yakin saja, tinggal mengunduh aplikasi di Play Store. Manfaatkan fungsi dan perbedaannya," urai dia kepada Malang Post
Jeffri merinci kegunaan aplikasi yang merupakan andalan bagi perangkat Android Kitkat tersebut. Misalnya Hovering Controls yang dapat membantu menggeserkan layar foto, mengendalikan MP3 player, video player, hingga mengunci layar tanpa menyentuh layar android. Cukup melambaikan tangan tepat di atas layar dan pengguna dapat melakukan semua hal tersebut.
Aplikasi CamFind berfungsi sebagai mesin pencari visual. Aplikasi ini akan mengidentifikasi dan memberi informasi mengenai gambar atau foto yang ingin ditemukan pengguna. Ada juga Tunewiki yang dapat menggantikan Musik Player bawaan ponsel Samsung Galaxy J1. "Kelebihan dari aplikasi ini dapat menampilkan lirik lagu yang sedang diputar," tambahnya.
Berikutnya aplikasi Helium Backup. Aplikasi yang wajib dimiliki bagi pengguna Android Kitkat. Sebab, aplikasi ini digunakan untuk membackup data aplikasi yang telah  digunakan ke dalam MicroSD ataupun Cloud Storage.
"Aplikasi terakhir penting bagi penyuka fotografi. Google Camera menawarkan berbagai fitur baru termasuk efek F-stop dan perbaikan tampilan grafis. Aplikasi ini juga dapat menghasilkan foto dan video dengan fitur HDR+, lensa blur, wide angel, panorama dan photosphere," pungkas dia. (ley/han)