Ciptakan Komputer Raksasa Setengah Ton

James Newman membutuhkan waktu tiga tahun untuk membangun komputer raksasanya ini.

Inovasi
Bila perusahaan teknologi saling berlomba membuat prosesor komputer yang semakin kecil. Maka berbeda dengan yang dilakukan James Newman. Pria asal Inggris ini memiliki ide yang berlawanan. Ia malah membuat prosesor berukuran besar.
"Ide ini berangkat dari keinginan untuk dapat melihat bagaimana komputer bekerja," kata Newman seperti dilansir dari BBC, Kamis (25/6/2015)
Newman membuat prosesor komputer berukuran 14 meter di rumahnya yang berada di Cambridge, Inggris. Mega prosesor 16 bit besutannya memiliki 14 ribu transistor individu dan 3.500 lampu LED.
"Ibuku pernah bertanya apa yang bisa dilakukan oleh komputer ini. Ya tentu saja, ini seperti komputer umumnya," ujar pria yang berprofesi sebagai insinyur elektronik digital ini.
Dia menjelaskan, bit-bit dari prosesor akan menyala saat beroperasi. Tapi keseluruhan mesin komputer beroperasi sama seperti mikroprosesor standar yang terdapat di semua komputer.
Program pertama yang berhasil Newman jalankan pada komputer raksasanya ini Tetris, Noughts dan Crosses dan 1970 Evolutionray Simulation besutan ahli matematika John Wonway.
Untuk membuat komputer tersebut, Newman membutuhkan waktu tiga tahun untuk membangun prosesor raksasanya. Ia menghabiskan dana sekitar 20 ribu poundsterling atau sekitar Rp 418 juta (Kurs 1 poundsterling = Rp 20.927).
Newman berharap komputer ini akan memiliki nilai pendidikan untuk dipelajari. Hanya saja hal tersebut bakal sukar terwujud. Pasalnya akan sulit untuk mengangkut komputer ini karena bobotnya mencapai setengah ton saat selesai dirakit.(brt/han)