Kian Canggih, 30 Menit Isi 60 Persen

Tanpa kabel, wireless Qi terbaru ini bisa mengisi baterai HP high end dalam waktu singkat.

Wireless Charging
Teknologi wireless charging kini sudah cukup banyak digunakan oleh ponsel Android, terutama handphone high end. Namun kemampuan pengisian baterai wireless charging tersebut masih kurang efektif dan butuh waktu lama. Namun kini masalah tersebut telah teratasi.
Wireless Power Consortium baru saja meluncurkan spesifikasi charger wireless Qi terbaru. Mereka pun menjanjikan kalau charger wireless Qi terbaru itu memberikan kemampuan pengisian baterai secara cepat. Bahkan setara dengan kemampuan yang dijumpai pada Quick Charge 2.0 milik Qualcomm.
Pihak Wireless Power Consortium mengatakan, dalam waktu 30 menit, charger wireless Qi mampu mengisi baterai hingga mencapai 60 persen. Dengan kemampuan tersebut, pengisian baterai melalui wireless pun tak jauh berbeda dengan pengisian baterai secara konvensional memakai kabel. Kemampuan pengisian cepat pada Qi charger ini bisa dilakukan karena charger tersebut bisa mengirimkan energi hingga 15 watt.
Tak hanya Wireless Power Consortium yang meningkatkan kemampuan charger wireless miliknya. Alliance for Wireless Power yang merupakan pesaing dari Wireless Power Consortium pun melakukan hal serupa. Charger wireless Rezence milik mereka kini mendukung pengisian baterai dengan energi hingga 50 watt. Jadi, dengan power sebesar itu, tak hanya ponsel dan tablet yang bisa digunakan. Baterai laptop pun bisa memanfaatkan teknologi wireless Rezence tersebut.(brt/han)