Layanan 4G Milik XL Masuk Mataram

MALANG POST – PT XL Axiata Tbk ngotot segera meluncurkan layanan jaringan 4G di Mataram, menyusul kesiapan jaringan yang dimilikinya. Selain individual, layanan 4G diharapkan menambah daya dukung bisnis pariwisata di Lombok.
‘’Tidak hanya pelanggan individual saja. Layanan ini kita proyeksikan bisa mendukung perekonomian secara umum,’’ kata Desy Sari Dewi, Vice Presiden XL East Region di kantornya, kemarin siang.
Menurut dia, jaringan 4G yang dimiliki XL diharapkan lebih unggul dibanding pelayanan 4G yang sudah ada. Karena, kualitas jaringan lebih unggul sudah pernah dijanjikan XL ketika membuat progam di Mataram, beberapa waktu lalu.
‘’Kami memenuhi janji ke pelanggan dan masyarakat Mataram memberi pelayanan lebih unggul dibanding pelayanan 4G yang sudah ada. Caranya, kami terus melakukan modernisasi jaringan,’’ ungkapnya.
Dikatakan Desy, Mataram memang menjadi salah satu target kota yang menikmati kemajuan layanan 4G seperti kota-kota besar lainnya di Indonesia. Yaitu setelah Jakarta, Yogyakarta, Medan, Bogor, Surabaya, Denpasar dan Makasar.
‘’Mataram kota yang menjadi prioritas penyediaan 4G karena 90 persen penduduk NTB menggunakan XL. Selain itu XL mempertimbangkan dukungan percepatan pembangunan di Mataram sebagai pusat perekonomian di Lombok,’’ paparnya.
Sebagai pendukung layanan tadi, Desy menyebut, XL terus menyiapkan ekosistem dan perangkat pendukungnya. Diantaranya penyediaan ponsel, aneka ragam aplikasi digital dan paket data layanan 4G.
‘’4G merupakan teknologi jaringan telekomunikasi tercanggih saat ini. Kalau pendukung layanan itu tidak disiapkan ya percuma saja. Kalau ponselnya tidak bisa mengakses layanan 4G lha buat apa. Makanya seluruh pirantinya kami siapkan juga,’’ janjinya.
Ditambahkan dia, saat ini, jumlah pelanggan XL di Mataram sekitar 2 juta orang dari total 11 juta pelanggan. Mereka mendapat pelayanan 1.50 BTS mulai 2G, 3G dan 4G. Secara nasional, jaringan fiber optik XL lebih dari 30 ribu KM dengan 52 ribu BTS (3G/2G). (has)