Ubah Jepretan Ponsel Layaknya DSLR

MALANG POST - Menghasilkan gambar berkualitas dengan sebuah smartphone kini bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan ponsel dengan spesifikasi menengah pun dapat menghasilkan gambar setara hasil jepretan kamera DSLR. Salah satu caranya dengan menggunakan lensa tambahan seperti yang baru saja diperkenalkan oleh Olympus.
Lensa kamera untuk smartphone tersebut bernama AIR A01 yang mempunyai fungsi sama seperti QX1 milik Sony. Sebagai tambahan, lensa kamera ini diperkenalkan dengan desain yang lebih mungil. Di dalamnya, lensa kamera ini menggunakan sensor 16MP serta dilengkapi dengan prosesor image TruePic VII. Teknologi ini sama seperti yang dijumpai pada kamera OM-D dan PEN.
Lensa kamera ini pun benar-benar bisa memberikan kualitas yang setara dengan kamera DSLR. Dengan kamera ini, sebuah smartphone pun bisa menangkap gambar dengan kecepatan 10 frame per detik. Tak hanya itu, lensa kamera ini juga memungkinkan ponsel untuk merekam video full HD dan menghasilkan gambar RAW.
Mengenai harganya, lensa kamera ini ditawarkan dengan harga sebesar USD 300. Sebagai perbandingan, lensa kamera ini punya banderol yang lebih mahal dari Sony QX1 yang dijual USD 200.(brt/han)