Advan Barca 5, Replika iPhone 6 di Kelas Lokal

MALANG - Vendor Advan, belum lama ini meng-upgrade smartphonenya yang berseri Barca. Selain Advan Tab 7 Inci, vendor lokal ini juga mengenalkan Advan Barca 5 yang hadir dengan ukuran lebih mini dan sekilas tampak seperti iPhone 6.
Promotor Advan di Ivan Cell, Muhammad Khuldori mengatakan, ponsel ini memiliki daya tarik utama pada desain. Tampil layaknya perangkat Apple, dipastikan membuat penggemar gadget mudah tertarik untuk menjajal Advan Barca 5. "Bodi, model dan tampilan layaknya iPhone 6. Terlihat mewah dan elegan," katanya.
Smartphone ini memiliki lekukan membulat di sekujur bodi dan membuatnya terasa nyaman dalam genggaman. Di sisi belakang, sebagai produk dengan identitas Barca Series, Advan S5Q juga menempelkan logo klub sepak bola Eropa, FC Barcelona seperti yang terdapat pada Advan Barca Tab 7. Smartphone ini termasuk tipis dengan ketebalan hanya 8 mm.
Mengusung konsep desain unibodi, Advan Barca 5 membawa baterai yang sifatnya non-removable. Penempatan kartu SIM (dual GSM, mikro dan nano) mengadpsi model Tray SIM seperti yang biasa ditemukan pada iPhone. Untuk membukanya, memerlukan pin ejector.
Smartphone ini berbekal layar 5 inci berteknologi In Plane Switching (IPS) yang memiliki ketajaman warna dan memastikan kecerahan layar tetap bagus meski dilihat dari berbagai sudut, bahkan di bawah cahaya matahari sekalipun. Mengusung resolusi HD gambar pada ponsel bisa ditampilkan sebesar 720x1280 piksel dan membuat tampilan layar ponsel ini terlihat halus.
Layar Advan S5Q sudah mendapatkan teknologi multitouch sebanyak 2 point. Layar ini memiliki responsivitas yang cukup bagus, tanpa adanya lag. "Jika dibandingkan dengan kompetitor di rentang harga Rp 1,5 jutaan, kekuatan layar Advan Barca 5 bisa dibilang lebih baik dengan kerapatan layar 294 ppi," beber dia kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, Advan Barca 5 hadir dengan mengusung OS Android KitKat sebagai sistem operasinya. Ini merupakan OS yang tergolong laris dengan kemampuan yang mumpuni. Kinerjanya lebih baik dan stabil dibanding versi Android sebelumnya. Untuk tampulan antarmuka, Advan melakukan beberapa kustomisasi seperti yang dilakukan pada Advan Star 5.
Pada sektor dapur pacu, smartphone yang kino dibandrol Rp 1,499 juta itu ditenagai oleh prosesor Octa Core yang memiliki kecepatan mencapai 1,4 GHz. Chipset yang digunakan Mediatek dengan seri MT6592. Smartphone ini didukung RAM 1 GB dan dukungan grafis dari GPU Mali-450MP.
"Advan Barca 5 cukup tangguh ketika diajak berselancar di dunia maya, membuka berbagai aplikasi, memainkan game HD dan menjalankan multitasking. Dijamin lancar dan memanjakan pengguna," urai dia panjang lebar.
Pria yang akrab disapa Dori ini menyebutkan, untuk ruang penyimpanan internal, Advan membekali seri ini dengan kapasitas memori sebesar 8 GB, yang penggunaannya masih harus dibagi dengan kebutuhan sistem ponsel. Sehingga, pengguna mesti memaksimalkan keberadaan slot microSD yang bisa digunakan sebagai memori tambahan dan mampu menampung hingga kapasitas 32 GB.
"Memori eksternal bisa dimaksimalkan untuk menyimpan file foto dari kamera ponsel yang memiliki resolusi bagus, baik di sisi depan maupun belakang. Dua kamera Advan Barca 5 ini kompak dengan lensa 8 MP, sehingga keduanya memiliki kualitas setara ketika digunakan untuk menjepret, termasuk berfoto selfie," tandasnya. (ley/han)