Bisa Teropong Bulan Layaknya Teleskop

JAKARTA - Sekilas, kamera Nikon ini tak ubahnya seperti kamera prosumer lain. Namun saat dijajal, ternyata di luar dugaan. Perangkat ini bisa mengeker bulan layaknya teleskop!. Kamera dengan kemampuan spesial ini dimiliki oleh Nikon Coolpix P900. Kamera ini memiliki kemampuan zoom hingga 83x atau setara kekuatan lensa 24-2000m. Bahkan dengan fitur Dynamic Fine Zoom, pengguna dapat melakukan zoom 166x. Hal ini memungkinkan membidik benda yang berada sangat jauh terlihat jelas, ya salah satunya permukaan bulan.
Sejumlah video yang memperlihatkan kemampuan Coolpix P900 telah diunggah di YouTube. Mulai dari mengeker bulan, pesawat yang tengah terbang hingga membidik patung Liberty dari lantai puncak World Trade Center, New York, Amerika Serikat.
Dilansir dari Daily Mail, Senin (6/7/2015), Nikon Coolpix P900 diluncurkan Maret silam. Kamera ini mengusung sensor CMOS beresolusi 16MP dan prosesor Nikon EXPEDD C2. Perpaduan ini memungkinkan pengguna memotret dengan secara terus menerus (continous mode) hingga 7 frame per second (fps).
Pabrikan kamera asal Jepang ini turut melengkapi Coolpix P900 ini dengan teknologi Dual Detect Optical VR yang dapat mengurangi blur akibat tangan yang goyang.
Selain itu, kamera ini dilengkapi tombol snap-back zoom untuk mempermudah menentukan komposisi saat di zoom maksimal. Untuk koneksi, Nikon melengkapi Coolpix P900 ini dengan NFC dan WiFi. Bila melihat spesifikasi hardware keseluruhan, Nikon Coolpix P900 sekelas dengan kamera entry level di pasaran. Namun nilai jual utamanya adalah kemampuan optical zoom-nya. Nikon membandrol Coolpix P900 ini seharga USD 599 atau sekitar Rp 8 jutaan.(brt/han)