4G Mulai Hadir di Luar Jawa

JAKARTA - Dengan mulai dibukanya akses 4G di luar Jawa turut dimanfaatkan oleh Menkominfo Rudiantara bersama para operator seluler untuk lebih mendorong pertumbuhan aplikasi lokal, e-government dan smart city, hingga layanan e-health.
"Kita cari angle-angle value of data business. Tidak lagi pipa atau voice, dan manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat, agar 4G ada value positioning-nya," kata menteri yang akrab disapa Chief RA itu, Senin (6/7/2015).
Salah satu operator yang mendukung langkah ini adalah Telkomsel. Dalam peluncuran 4G di Makassar, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah menjelaskan bahwa layanan Telkomsel 4G LTE yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi secara lebih cepat dan efisien.
Hal ini diharapkan bisa mempercepat terwujudnya generasi digital di bagian Timur Indonesia, khususnya di Makassar. Ekspansi 4G ini sekaligus mendukung program Makassar Sombere dan Smart City seperti yang dicanangkan pemerintah kota setempat.
"Salah satu wujud dari Makassar Sombere dan Smart City adalah layanan kesehatan online Home Care yang akan memberikan kemudahan bagi masyarakat," kata Ririek.
Layanan e-health ini dilengkapi dengan berbagai peralatan medis yang dibutuhkan seperti tabung oksigen, alat infus serta peralatan rekam medis untuk memantau kondisi pasien yang terhubung ke dokter ahli secara jarak jauh.
"Dengan beroperasinya layanan Telkomsel 4G LTE di kota Makassar, hal ini diharapkan akan dapat menunjang layanan Home Care dimana dengan kecepatan data yang dimiliki oleh teknologi 4G LTE maka monitoring pasien secara jarak jauh dimungkinkan berjalan secara real time," jelasnya lebih lanjut.
Aplikasi yang didemokan saat peluncuran 4G Telkomsel ini mendapat apresiasi dari Menkominfo, khususnya untuk layanan e-health teleradiologi. "Aplikasi yang didemokan bagus-bagus. Mereka keren-keren," sanjung Chief RA.
Telkom dalam komersialiasi 4G di Makassar telah membangun 150 eNode B sebagai BTS 4G yang mencakup lokasi-lokasi strategis termasuk Bandara, Universitas, Mall, Pantai Losari, dan Pusat keramaian lainnya.
Saat ini secara nasional Telkomsel memiliki lebih dari 1000 BTS yang tersebar di Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar dengan sekitar 620.000 pelanggan 4G. (jpnn/han)