Microsoft Rencana Rumahkan 7.800 Karyawan

Ribuan pekerja Microsoft harus segera bersiap mencari pekerjaan baru.

Tahun lalu, Microsoft membuat gebrakan besar dengan mengakuisisi bisnis perangkat mobile milik Nokia dengan dana senilai USD 7,2 miliar. Namun proses akuisisi tersebut ternyata berdampak sangat buruk bagi Microsoft. Dan pada saat ini, Microsoft pun memperoleh getahnya.
Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates itu baru saja mengumumkan rencana pemecatan 7800 karyawan. Kabar buruknya, 7800 karyawan tersebut sebagian besar adalah mereka yang bekerja di bisnis perangkat mobile yang notabene sebagian besar berasal dari karyawan Nokia. Kerugian yang dihadapi oleh Microsoft bukan itu saja.
Microsoft kini juga harus menanggung penurunan nilai aset perusahaan sebesar USD 7,6 miliar. Mereka juga harus menanggung biaya restrukturisasi yang nilainya mencapai USD 850 juta. Hal ini mau tak mau merupakan salah satu imbas negatif setelah Microsoft mengakuisisi bisnis perangkat mobile Nokia.
Meskipun begitu, Microsoft tak mau menyerah dan ingin terus berkecimpung di bisnis perangkat mobile, baik software ataupun software. Terlebih mereka telah berencana meluncurkan perangkat Windows 10 Mobile baru pada tahun ini.(brt/han)