Kompetitor Serius Youtube, Segera Sediakan Streaming Musik

Facebook saat ini menjadi kompetitor serius dari YouTube untuk kategori situs sharing video. Di sisi lain, mereka juga sudah cukup lama memperoleh label sebagai situs jejaring nomor satu dunia. Dan sebentar lagi, kemungkinan situs milik Mark Zuckerberg itu juga akan menjadi penyedia layanan streaming musik seperti halnya Apple Music yang baru dirilis resmi beberapa hari lalu.
Kabar mengenai keberadaan layanan streaming musik oleh Facebook ini memang masih rumor belaka. Berdasarkan rumor tersebut, Facebook dikabarkan mempunyai ketertarikan untuk menyediakan layanan streaming musik. Sebagai langkah awal, Facebook bahkan disebutkan bakal menyediakan iklan video musik. Baru setelah itu, mereka akan mengaplikasikan langkah serupa untuk streaming audio.
Terkait masalah hak cipta, Facebook juga akan menyediakan tool seperti Content ID di YouTube. Dengan tool tersebut, pemilik hak cipta pun bisa menghapus konten video ataupun lagu yang diupload oleh pihak yang tak bertanggung jawab.
Facebook pun bahkan disebutkan akan merilis video musik bersponsor pada bulan mendatang. Kabar ini pun semakin diperkuat dengan rumor sebelumnya yang mengungkapkan adanya fitur video floating yang tengah dipersiapkan oleh Facebook. Dan jika semua layanan tersebut berjalan, tentunya Facebook akan menjadi kompetitor yang serius tak hanya bagi Spotify tetapi juga Apple Music.(brt/han)