Star Bidik Pemburu 4G

MALANG - Coolpad turut menghiasi pasar gadget lokal beberapa waktu terakhir. Salah satunya seri Coolpad Star yang merupakan gadget di kelas menengah dan sudah mengusung koneksi 4G. Ponsel ini, sekitar sebulan terakhir mulai bisa didapati di Malang.
 Owner Shinta Cell, Setiawan mengatakan, awal bulan ini Coolpad hadir di pasar gadget lokal dengan tiga seri. Setelah seri premium Soar dan seri middle low Coolpad Sky, kini seri Star pun turut hadir dan laris di pasaran.
"Masih terbatas di beberapa outlet. Padahal seri ini termasuk perangkat dengan spesifikasi yang tak pantas diremehkan, seperti koneksi jaringan terkini, long term evolution (LTE)," ujarnya.
Menurut dia, koneksi 4G kini tengah menjadi primadona bagi setiap pabrikan ketika mengeluarkan gadget terbaru. Sebab, operator juga tengah berlomba memberikan koneksi tersebut pada masyarakat. “Ponsel 4G kini tengah laris. Apalagi ketika jaringan sudah masuk di Malang, prediksinya pasti semakin banyak yang berburu,” terang diri.
Pria yang akrab disapa Iwan itu menyampaikan, koneksi 4G akan memberikan bantuan akses download dan lebih cepat ketimbang generasi 3G. Upload data bisa mencapai 50 Mbps, sementara untuk download maksimal mencapai 150 Mbps, tergantung akses area 4G-nya.
Konektivitas yang ditawarkan di Coolpad Star F103 adalah 4G LTE, lalu Wifi , Wifi-Hotspot, Bluetooth 4.0, GPS, dan A-GPS. Smartphone ini memiliki ketebalan 6.9 mm dan semua performanya ditunjang baterai berkapasitas 2000 mAh.
Menurutnya, ponsel ini menyasar pengguna middle dengan memberikan bandrol Rp 2,99 juta. Smartphone ini hadir dengan layar 5 inci IPS beresolusi HD 1280 x 720 pixel. Diakuinya, ukuran 5 inci adalah ukuran terlaris di pasaran karena ukuran ini adalah batas maksimal ukuran Smartphone yang bisa eksis di dalam kantong.
Smartphone ini berbekal prosesor Quadcore berkecepatan 1.2 GHz, dengan chipset 64 bit Snapdragon 410 MSM8916. Dapur pacu perangkat mendapat sokongan RAM 1 GB untuk menunjang akses ke dalam aplikasi perangkat. Menurutnya, seri ini memiliki  memori internal 8 GB dan masih bisa  diekspansi via kartu microSD hingga 64 GB.
"Storage dan memori eksternalnya menyesuaikan harga ponsel, agar pengguna tidak kecewa akan kemampuan hardware dan software perangkat. Memori bisa maksimal ketika menyimpan file seperti MP3 dan foto," urai dia panjang lebar.
Sistem operasinya adalah Android 4.4 Kitkat dengan antarmuka pengguna Cool UI 6.0 yang menyediakan fitur Dual Screen Multitasking. Dia memastikan bila OS terlaris ini akan menyuguhkan tampikan manis pada Coolpad Star.
Smartphone Dual Micro SIM ini memiliki kamera belakang 8 Megapixel autofokus, lengkap dengan LED Flash dan sensor sony Exmor R. Sedangkan kamera depannya 5 Megapixel Fixed Focus.  "Duet kameranya tidak akan mengecewakan. Apalagi kamera depan dengan lensa 5 MP maksimal ketika pengguna hobi selfie," tambah Iwan. (ley/aim)