Apple Kuasai Keuntungan Pasar Smartphone

Apple benar-benar memperoleh keuntungan besar dengan produk iPhone miliknya. Menurut laporan dari Wall Street Journal, Apple pada kuartal pertama 2015 mendominasi pasar smartphone dunia, dan 92 persen profit industri smartphone dunia pun jatuh ke tangan mereka.
Keuntungan yang diperoleh Apple tersebut memang sangat mendominasi. Bahkan Samsung yang berada di posisi kedua pun hanya mendapatkan porsi keuntungan sebesar 15 persen. Keuntungan kedua perusahaan ini memang ditulis oleh WSJ melebihi angka 100 persen. Hal ini karena mayoritas produsen smartphone lain mengalami kerugian pada kuartal pertama ini.
Dari sisi penjualan smartphone, Apple pun memperoleh porsi yang besar. Perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut memperoleh porsi sebesar seperlima dari seluruh penjualan ponsel di dunia. Sebagai catatan, saat ini terdapat sekitar 1000 perusahaan yang berkecimpung di bisnis smartphone.
Tingginya profit yang diperoleh Apple ini pun tak lain karena harga iPhone yang jauh lebih tinggi dibandingkan smartphone Android. Rata-rata harga iPhone yang ada di pasaran adalah sebesar USD 659. Harga tersebut pun jauh timpang jika dibandingkan dengan rerata smartphone Android yang dijual sebesar USD 185.(brt/han)