Jalan Raya Berbahan Plastik Daur Ulang

Sebuah perusahaan konstruksi bernama VolkerWessels mempunyai rencana besar dalam mengubah desain jalan raya. Jika sebelumnya jalan raya dibangun dengan menggunakan bahan utama berupa aspal, maka mereka ingin mengubahnya dengan pemakaian bahan plastik daur ulang.
Langkah mereka ini dilakukan untuk mendukung kebijakan yang lebih ramah lingkungan. Tak hanya itu, jalan raya dari plastik daur ulang ini juga diklaim mempunyai ketahanan tiga kali lebih tinggi jika dibandingkan jalan aspal.
Sebagai tambahan, jalan raya dari plastik daur ulang ini juga lebih tahan panas dibandingkan aspal, dengan rentang suhu antara -40 derajat Fahrenheit hingga 176 derajat Fahrenheit. Dengan begitu, jalan raya plastik ini tidak akan mudah retak. Kalaupun ada kerusakan, proses penambalan yang dilakukan pun lebih mudah.
Lalu apakah konsep jalan raya dari plastik daur ulang ini akan diwujudkan? Kota Rotterdam di Belanda ternyata siap menjadi kota pertama yang mengaplikasikan jalan raya plastik ini. Mereka pun ingin menguji konsep jalan raya ini selama tiga tahun mendatang.(brt/han)