Galaxy Tab S2 Jadi iPad Killer?

iPad killer alias pembunuh iPad, demikian berbagai media teknologi menjuluki Galaxy Tab S2 yang baru saja diluncurkan Samsung. Sang vendor asal Korea Selatan memang tak menyebut dengan gamblang siapa lawan yang diincar tablet PC langsingnya tersebut. Namun pasar seakan sudah pintar dan mampu menebak arah sasaran utama duo Galaxy Tab S2 ini, tak lain iPad.
Galaxy Tab S2 hadir dalam dua varian, 8 inci dan 9,7 inci. Masing-masing lawan dari perangkat ini pun sudah jelas, yaitu iPad Mini 3 dan iPad Air 2. Sebagai perangkat paling gres, duet Galaxy Tab S2 tentunya punya modal kuat untuk mendobrak dominasi iPad. Perangkat ini tampil dengan begitu tipis, cuma 5,6 mm ketebalannya. Sebagai perbandingan, iPad Air 2 punya tebal 6,1 mm sedangkan iPad Mini 3 mencapai 7,5 mm.
Dari sisi fitur yang bakal head to head dengan iPad adalah pemindai sidik jari. Apple begitu dikenal dengan TouchID, Samsung pun punya teknologi fingeprint serupa yang berfungsi tak hanya untuk membuka gembok, tetapi juga untuk approval fungsi tertentu seperti bertransaksi di toko aplikasi.
Ketimbang di ranah tablet mini, persaingan diprediksi bakal lebih sengit di perangkat tablet berlayar lebar, yakni antara Galaxy Tab S2 9,7 inch dan iPad Air 2. Kedua produk bakal mengisi segmen tablet premium dan punya basis fans sendiri-sendiri, tinggal adu kuat siapa yang bakal merebut pengguna baru untuk semakin memperbesar pangsa pasarnya. Patut ditunggu harga yang dikeluarkan Samsung untuk dua tablet jagoannya tersebut. Tentu ini akan menjadi pertimbangan penting bagi calon konsumen di berbagai negara.
"Galaxy Tab S2 tak cuma jadi tablet tertipis dan teringan di rentang ukurannya, tetapi juga memberikan pengguna akses cepat, mudah serta dilengkapi dengan fitur produktif," ujar JK Shin, CEO dan President UT & Mobile Division Samsung.

Bos Samsung itu pun berani mengklaim jika Galaxy Tab S2 merupakan perangkat komputasi mobile yang komplet untuk dibawa pengguna ke mana saja. Dari segi jeroan, Galaxy Tab S2 8 inch hadir dengan kekuatan prosesor octa core (quad 1,9 GHz + quad 1,3 GHz), display Super Amoled beresolusi 1.536x2.048 pixel, RAM 3 GB, baterai 4.000 mAh serta storage internal 32 GB dan 64 GB yang bisa diekspansi.

Tab S2 8 inch juga dilengkapi kamera belakang 8 megapixel dan 2,1 megapixel. Adapun ketebalannya hanya 5,6 mm, berat 265 gram dan sudah menjalankan Android 5.0 Lollipop. Di sisi lain, Galaxy Tab S2 9,7 inch tampil dengan baterai lebih besar, 5.870 mAh dan berat 389 gram. Sementara spesifikasi lainnya kurang lebih sama dengan Tab S2 8 inch. Kedua varian juga sudah dilengkapi dengan pilihan WiFi only atau WiFi + konektivitas LTE dan scanner fingerprint. Produk ini disebutkan bakal mulai dijual secara global mulai Agustus mendatang.(brt/dtc/han)