New MacBook, Bodi Slim, Berat Kurang dari 1 Kg 

MALANG - Apple, medio April tahun ini telah membuka pre order MacBook versi terbaru dengan layar seluas 12 inci. Bertitle New MacBook, perangkat tersebut memiliki bodi tipis hanya 13,1 milimeter saja.
"New MacBook sudah hadir di Malang sejak bulan lalu. Sebelumnya, bagi customer yang tertarik mesti inden lebih dulu," ujar Supervisor Global Apple Reseller Malang, Silvy Novita.
Dia menyebutkan, bodi tipis menjadi daya tarik yang diberikan Apple. Alhasil, perangkat ini 24 persen lebih tipis ketimbang generasi sebelumnya, dengan berat kurang dari satu kilogram. "New MacBook menjadi varian tertipis dan teringan yang dibuat Apple," urai dia kepada Malang Post.
Bodi New MacBook  seluruhnya terbuat dari logam untuk menyempurnakan tingkat ketebalan yang sangat rendah tadi. Sehingga, dalam seri terbaru itu Apple harus menggunakan keyboard baru, touchpad baru, dan desain tanpa kipas agar MacBook tetap tampil tipis.
"Trackpad di New Macbook juga telah dibuat ulang desain dan bentuknya.  Tidak perlu menekan dengan keras untuk melakukan operasi klik, sebab touchpad memiliki sensitivitas tinggi," jelas dia panjang lebar.
Silvy menerangkan, New MacBook yang berukuran 12 inci ini telah dilengkapi layar Retina display dengan resolusi sebesar 2304 x 1.440. Resolusi layar yang lebih besar, membuat tingjat konsumsi baterai lebih boros. Untuk itu Apple telah membenamkan baterai dengan kapasitas 35 persen lebih besar, sehingga baterainya diklaim tetap bisa bertahan sekitar 10 jam meski penggunaan intens seperti untuk memutar video.
Sementara itu untuk dapur pacu, New MacBook telah dilengkapi dengan processor Dual Core Intel dengan kecepatan 1,3 GHz serta dukungan grafis HD 5300 Chip Intel. Perangkat pun terjamin menghasilkan daya jelajah tinggi ketika digunakan untuk aktivitas dan mengoperasikan aplikasi terbaru dengan ukuran HD yang berkapasitas besar. "Memori RAM-nya 8 GB, dengan pilihan harddisk 255 GB atau 512 GB yang membedakan harga," bebernya.
Untuk pilihan memori 256 GB, dibandrol Rp 19 juta, sedangkan memori 512 GB dipatok Rp 23,7 juta. (ley/han)