Kembaran Andromax Q, Unggul di Baterai dan OS

MALANG - Pabrikan Smartfren telah meluncurkan lima gadget terbarunya di akhir semester pertama tahun ini. Selain Andromax Q, vendor telekomunikasi itu juga meluncurkan seri Q1, yang memiliki ukuran layar 4,5 inci. Perbedaan antara dua seri itu, ada pada kapasitas baterai, balutan sistem operasi (OS) dan teknologi suara.
"Andromax Q dan Q1, sekilas memang device yang hampir sama. Pengguna baru bisa merasakan perbedaan ketika memanfaatkan fiturnya," ujar Customer Service Galeri Smartfren MOG, Rindy Mutiara.
Menurutnya, Andromax Q1 memiliki dukungan layar sentuh berteknologi TFT kapasitif berukuran 4,5 inci. Smartphone ini berbalut resolusi FWVGA 854 x 480 piksel yang mampu menghasilkan kerapatan layar mencapai 218 piksel per inci dengan tampilan layar yang lebih luas dan juga tajam.
Sistem operasi perangkat ini telah mengusung OS terbaru, Android 5.1 Lollipop. "Tidak seperti seri Andromax Q yang dilengkapi ROM Cyanogen dan bisa dicustom lebih lengkap, seri ini masih terbatas sesuai bawaan perangkat," paparnya.
Dia menjelaskan, untuk menjaga kinerja tetap maksimal, vendor membekali Andromax Q1 dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang mengandalkan prosesor Quad Core. Dapur pacu berjenis ARM Cortex-A53 64-bit ini berkecepatan 1,2 GHz dan dilengkapi dengan dukungan pengolah grafis dari Adreno 306. Hasilnya, perangkat yang dibandrol Rp 1,3 juta ini mampu diandalkan untuk menjajal beragam aplikasi terbaru
"Selain itu, RAM-nya ikut menopang kinerja perangkat. Berukuran 1 GB, Q1 akan lebih leluasa ketika bekerja menjalankan aplikasi," urainya kepada Malang Post.
Menurutnya, ponsel ini memiliki kapasitas baterai senesar 1900 mAh. Lebih kecil dari Andromax Q yang sudah mengusung baterai berkapasitas 2000 mAh.
Rindy menyebutkan, fitur unggulan yang kini tengah didengungkan berbagai pabrikan, yakni koneksi jaringan 4G juga tak luput dari seri ini.  Ponsel cerdas tersebut mendapat dukungan jaringan 4G LTE yang menawarkan koneksi data super cepat, baik untuk upload maupun download.
Selain itu, vendor membekali Andromax Q1 dengan dukungan dua buah kamera untuk aktivitas fotografi. Kamera utama hadir dengan dukungan sensor sebesar 5 MP, autofokus lengkap dengan LED flash. Sementara kamera depan untuk aktivitas foto selfie dan video call dibekali dengan sensor sebesar 2 MP.
Untuk memori internal sebesar 8 GB yang didukung dengan hadirnya dukungan memory eksternal via slot microSD hingga kapasitas maksimal daya tampungan mencapai 32 GB. Sementara itu, fitur konektivitas yang dimiliki smartphone Andromax Q1 tergolong lengkap, yang terdiri dari dukungan dual SIM CDMA 4G LTE, GSM, WiFi, Bluetooth, GPS, 3G HSPA, dan port microUSB.(ley/han)