'Smartphone' Anyar Samsung Sekuat Komputer Desktop

Galaxy Note 4 hadir dengan RAM 3 GB yang bakal mendapat pesaing Galaxy Note 5.

JAKARTA- Bocoran baru muncul seputar produk ponsel pintar tablet (phablet) Samsung yang akan dirilis, Galaxy Note 5. Phablet ini diperkirakan akan hadir dengan kemampuan setara dengan komputer desktop.
Menurut laporan laman SamMobile, Galaxy Note 5 akan hadir dengan RAM 4GB. Bekal tersebut sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk ponsel pintar atau perangkat mobile. Bandingkan saja, beberapa komputer juga memiliki 4 GB. Jika benar, maka Samsung memang meningkatkan performa lini Galaxy Note-nya. Pada tahun lalu, pendahulu Note 5 yaitu Galaxy Note 4 hadir dengan RAM 3 GB.
Seorang sumber dalam yang terpercaya mengatakan Samsung kemungkinan akan menambahkan memori RAM untuk membuat performa perangkat menjadi lebih halus untuk mendukung kinerja. Samsung juga dipertimbangkan akan mendukung Galaxy Note 5 dengan perangkat lunak atau kapabilitas terbaru. Namun untuk hal terakhir ini belum muncul rumor selanjutnya. Rumor lainnya mengklaim Note 5 akan didukung dengan wireless charging.
Selain RAM 4 GB, laman SamMobile mengklaim mendapatkan konfirmasi dari sumber orang dalam Samsung tentang beberapa spesifikasi Galaxy Note 5. Di antaranya perangkat itu akan hadir dengan sistem chip Exynos 7422 yang dikombinasikan dengan prosesor octa core 64-bit.
Laporan rumor sebelumnya, Galaxy Note 5 akan hadir dengan bentang layar Super AMOLED QHD 5,67 inchi. Galaxy Note 5 akan didukung dengan alat S Pen, dan bagian belakang perangkat yang terbuat dari material kaca.
Soal peluncuran Galaxy Note 5, Samsung kemungkinan akan membukanya pada pertengahan Agustus nanti. Sedianya, Galaxy Note 5 sudah diluncurkan pada gelaran IFA 2015 di Berlin, Jerman pada awal tahun ini, tapi hal itu urung dilakukan. Pembatalan tersebut diduga karena perusahaan Korea Selatan itu ingin konsentrasi pada Galaxy S6 dan S6 Edge sebagai persaingan dengan iPhone 6. (jpnn/udi)