Toshiba Rilis Sensor Kamera CMOS 16 MP

JAKARTA- Toshiba, salah satu raksasa elektronik asal Jepang juga dikenal sebagai pemasok sensor kamera untuk perangkat mobile. Baru-baru ini,  merilis sensor kamera CMOS terbaru berukuran 16 MP untuk smartphone dan tablet.
Sensor berkode T4KC3 ini memiliki ukuran sangat kecil dan memiliki komponen berdaya rendah hanya 240mW. Vendor asal negeri Sakura ini turut membekali kemampuan video 30 fps pada resolusi penuh.
Selain itu tersemat di dalamanya Phase-Detection Auto-Focus (PDAF) yang kerap ditemukan di kamera SLR. Fitur ini memungkinkan kamera melakukan fokus yang lebih cepat. Bahkan melampaui kemampuan auto-focus konvensional. Serta memungkinkan perangkat mobile mampu memotret foto dan video berkualitas tinggi.
T4KC3 juga menggabungkan teknologi Bright Mode besutan Toshiba yang mampu meningkatkan kecerahan gambar hingga 4 kali. Ini  memungkinkan pengambilan video HD setara 240 fps dan mendukung high dynamic range (HDR) untuk menangkap gambar alami dengan kontras rasio tinggi. Selain itu mampu mengatasi masalah over dan under exposure.
Dikutip dari Japan Today, Jumat (24/7), sensor baru ini turut memadukan 16Kbit OTP. Sehingga dapat menyimpan data koreksi shading lensa di empat kondisi secara maksimal, seperti di dalam dan luar ruangan, siang hari dan saat matahari terbenam. Pengaturan tersebut dapat diaktifkan dengan perintah yang sederhana. (dtc/van)