Smartphone Entry Level Berkamera Depan 5 MP

MALANG - Smartfren meluncurkan lima seri smartphone bulan lalu.  Termasuk dua seri E, yakni Es dan Ec. Sama seperti saudaranya yang lebih besar yakni Andromax Q dan Qi, seri Ec dan Es ini merupakan dua smartphone kembar dari Smartfren yang sudah mendukung konektivitas 4G LTE.
Dirilis bersamaan dengan seri R, Q dan Qi, kedua seri smartphone ini merupakan varian produk yang memiliki harga termurah diantara semua varian yang ada. Kedua perangkat ini sama-sama mengusung layar yang membentang 4 inch secara diagonal dan juga memiliki prosesor yang sama yakni Qualcomm Snapdragon 410.
"Yang membedakan antara kedua smartphone ini adalah teknologi audio yang diusungnya. Seri Ec dibekali dengan teknologi audio dari DTS Sound," ujar Customer Service Smartfren MOG, Rindi Mutiara.
DTS Sound mampu menghasilkan suara atau output yang besar, namun tetap jernih. Tidak perlu takut suara pecah ketika pengguna memutar volume tertinggi.
Desain yang ditawarkan oleh Smartfren Andromax Ec dengan harga Rp 999 ribu ini masih sama dengan Smartfren Andromax Es. Dimensi mungil yang nyaman digunakan dengan satu tangan berujuran 4 inci. Desain empat sudutnya membulat sempurna dengan bekalan tombol kapasitif di bawah layarnya untuk kebutuhan navigasi yakni tombol back, home dan recent apps.
Untuk usungan layar Smartfren Andromax Ec menawarkan layar TFT capacitive touchscreen, yang memiliki kedalaman warna 16 juta warna, sehingga mampu menyajikan layar dengan pewarnaan optimal. "Resolusi layar WVGA dengan besar 480 x 800 pixels yang memiliki kepadatan 233 ppi (pixel per inchi)," sebut dia kepada Malang Post.
Menurut dia, meski masuk dalam jajaran smartphone entry level, namun perangkat ini mengusung kamera depan yang memiliki resolusi 5 MP ditambah dengan dukungan LED flash. Ukuran yang sama juga berlaku pada kamera utamanya.
Sistem operasi yang dibawa Andromax Ec adalah Android OS v5.0 Lollipop . Selain itu performanya gahar dan responsif dengan bekalan processor Quad core ARM Cortex A53 darichipset 64 Bit gahar yakni Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410. "Kinerjanya tangguh juga disokong RAM 1 GB sehingga pengguna dapat menjalankan multitasking beberapa aplikasi dan tetap lancar. Selain itu pengguna juga dapat menginstal dan memainkan game berat dengan lancar tanpa lag," jelas dia.
Dalam hal jaringan dan konektivitas yang ada pada Smartrfren Andromax Ec yakni  4G ddengan jaringan CDMA sebagai jaringan seluler utama. Konektivitas 3G yang dibawa yakni CDMA EVDO Rev.A dengan akses internet berkecepatan 3.1 Mbps setara dengan 3G HSPA. ni juga dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi untuk kebutuhan akses internet di area hotspot.
"Fitur Hotspot dan konektivitas Bluetooth serta microUSB untuk kebutuhan transfer file ke perangkat lain ada di seri ini. Tak ketinggalan fitur GPS navigasi, Browser dan FM Radio," pungkasnya. (ley/oci)