Smartfren Uji Jaringan 4G di Malang

MALANG - PT Smartfren Telecom Tbk mencoba mengungguli kompetitor di Malang Raya dalam hal penyajian jaringan modern, 4G LTE (long term evolution). Hal itu bisa dibuktikan dengan progres jaringan tersebut yang telah pada tahap uji jaringan, Rabu (29/7/15) kemarin di Malang dan akan berlanjut dengan commercial launch di semester II tahun ini.
Sebelum di Kota Malang ini, uji jaringan telah berlangsung di Bali, Batam dan terbaru di Surabaya yang berlangsung sehari sebelumnya. Uji jaringan itu menjadi bukti bila Smartfren melanjutkan upaya percepatan implementasi layanan 4G di kota besar tanah air.
"Ada beberapa rangkaian uji jaringan yang berlangsung di Malang dan Surabaya. Uji jaringan untuk mengetahui kesiapan kapasitas sebelum dilaunching," beber Head of Network Special Project Smartfren, Munir S.P.
Menurut dia, 4G LTE merupakan langkah nyata sinergi dengan pemerintah dalam meningkatkan layanan mobile internet. Pembangunan jaringan pita lebar (broadband) dipercepat sehingga bisa dirasakan di banyak kota. "Termasuk di Malang, meskipun belum diresmikan. Kini bisa dilihat kesiapan kami," beber dia kepada Malang Post.
Sementara itu hasil drive test, kecepatan maksimal download mencapai 29 Mbps. Sebaliknya untuk upload mencapai 10 Mbps. Alhasil, bila pengguna ingin menikmati fasilitas Youtube, dipastikan tanpa buffering. Sekalipun video yang dibuka memiliki resolusi HD dengan ukuran file besar.
Di tempat yang sama, Direktur Smartfen, Roberto Saputra mengakui, tahap komersial rencananya pasti digelar pada semester kedua 2015. Jaringan 4G LTE Smartfren berjalan di atas spektrum frekuensi 850 MHz dan 2.300 MHz.
"Kami pastikan akan dikenalkan di tahun ini. Untuk saat ini, 4G LTE sudah bisa dinikmati di Malang. Kecepatannya memang berbeda di setiap titik," sebut dia.(ley/han)