Phablet 6 Inci, Nyaman untuk Mata

MALANG - Vendor Advan terus berinovasi untuk tetap eksis di  pasar gadget. Salah satunya dengan meluncurkan perangkat terbaru bernama Advan Vandroid S6 yang akan memenuhi jajaran smartphone kelas menengah dengan layar lebar 6 inci.
"Seri ini hadir dengan ukuran layar yang cukup besar di atas smartphone namun masih di nawah tablet. Biasanya disebut phablet," ujar Owner Shinta Cell, Setiawan.
Dia mengatakan, belum terlalu banyak vendor yang meluncurkan gadget dengan layar di atas 6 inci namun masih di bawah 7 inci. Menurut dia, layar yang lebar ini bertujuan memuaskan pengguna ketika mengoperasikan gadget. "Ketika memainkan sebuah file multimedia atau membaca ebook dengan perangkat ini, dijamin memanjakan mata," ujar dia kepada Malang Post.
Perangkat Advan ini berbekal spesifikasi yang menarik, misalnya hadir dengan bentangan layar sentuh  6 inci beresolusi HD 720p sebesar 1280 x 720 piksel. Layar tersebut dilapisi oleh teknologi panel IPS (In-Plane Switching) yang memiliki tingkat kerapatan layar mencapai 245 ppi (pixel per inch).
Performa Vandroid S6 dimotori oleh chipset dari MediaTek MT6582 dengan menggandeng ARM Cortex-A7 yang merupakan prosesor Quad Core. Kecepatan aksesnya bisa mencapai 1.3 GHz. Untuk mendukung kinerjanya, prosesor tersebut dikombinasikan dengan memori RAM berukuran 1 GB serta pengolah grafis Mali-400MP.
"Daya aksesnya terhadap aplikasi terasa sempurna dengan balutan RAM 1 GB. Hasil atau tampilan di layar pun bagus karena pengolah grafis level 400MP," urai pria yang akrab disapa Iwan ini.
Sementara itu, sentuhan sistem operasi (OS) Android v4.4 KitKat kian mengoptimalkan kinerjanya. Terutama dalam hal supporting aktivitas surfing di dunia maya. Tampilan games atau aplikasi terbaru pun dibabat oleh OS terlaris saat ini.
Iwan menambahkan, smartphone ini telah mengusung kamera yang tangguh. Dukungan kamera beresolusi 13 MP pada bagian belakangnya telah dilengkapi oleh fitur autofokus dan juga LED flash. Tidak hanya itu, Advan Vandroid S6 memiliki sebuah kamera yang terletak di bagian depan dengan resolusi sebesar 3 MP yang dapat digunakan untuk keperluan foto selfie dan juga video call.
Untuk urusan media penyimpanannya, phablet berbandrol Rp 1,6 jutaan ini telah dibekali dengan memori internal sebesar 8 GB. Pengguna pun tak perlu khawatir kekurangan salce untuk penyimpanan data dengan adanya ketersediaan slot microSD. "Ekspansi  memori eksternal maksimal hingga 32 GB. Lebih bebas menyimpan file multimedia," papar dia panjang lebar.
Sementara itu untuk mendukung kinerjanya, smartphone ini disokong oleh baterai berdaya 2300mAh. Advan Vandroid S6 ini juga dilengkapi dengan fitur konektivitas yang lengkap. Terdapat dukungan fitur dual SIM yang dapat mengakses data dengan kecepatan 3G HSPA, selain itu juga terdapat fitur WiFi yang dapat digunakan untuk berselancar di dunia internet, perangkat Bluetooth, serta GPS. (ley/han)