Bisa Dioperasikan Tanpa Internet

Google Translate
Google Translate kedapatan fungsi baru yang bisa membuatnya bekerja meski tanpa koneksi internet.
Fungsi tersebut baru saja ditambahkan Google, dan rasanya memang cukup penting mengingat aplikasi ini banyak dipakai pelancong yang suka berada di manapun. Dan terkadang internet cukup sulit ditemukan.
"Kami sadar pengguna paling membutuhkan alat penerjemah saat mereka jauh dari komputer, atau saat mereka tidak terhubung pada internet, misalnya saat berwisata atau memesan makanan di restoran,” kata Julie Catteau, Product Manager, Google Translate.
Fungsi menerjemahkan tanpa internet di Google Translate sudah bisa diakses mulai Rabu (30/7/15), pengguna tinggal membuka aplikasi Google Translate di ponsel Android dan iOS, menekan ikon kamera, dan mengarahkannya pada teks Bahasa Inggris yang ingin diterjemahkan, misalnya rambu jalan, menu restoran, atau resep.
Secara langsung, Anda akan melihat teks bertransformasi ke Bahasa Indonesia di layar ponsel. “Kami bekerja keras untuk terus memberi pengalaman baru sesuai kebutuhan pengguna, maka kami senang sekali bisa menyediakannya bagi pengguna di Indonesia,” tambah Julie, dalam keterangan yang diterima CNN Indonesia.
Indonesia menjadi satu dari 27 bahasa yang sekarang bisa menikmati teknologi ini. Selain itu, bagi pengguna di Indonesia, di mana koneksi internet kadang tidak stabil, tim Google Translate juga telah memperbarui fitur mode percakapan menjadi lebih mulus dan netral pada koneksi internet lemah.
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam dua bahasa yang berbeda, yang kemudian akan diterjemahkan oleh Google Translate secara real time. "Setengah dari konten internet tersedia dalam Bahasa Inggris, tapi hanya 20% dari populasi dunia yang fasih berbahasa Inggris," tambah Julie.
 "Semoga usaha kami ini bisa membantu Anda berkomunikasi dan menemukan informasi yang Anda butuhkan, di mana pun dan kapan pun Anda membutuhkannya."

Aplikasi Google Translate bisa diunduh di Play Store untuk ponsel berbasis Android dan di Apple Store untuk iOS.(dtc/han)