Pemerintah Turunkan Tarif Telepon Tahun Depan

Kebijakan baru terkait harga internet dan tarif telepon tanah air bakal diberlakukan pada tahun mendatang. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan kalau pada tahun mendatang, pihaknya kemungkinan akan menurunkan tarif layanan internet dan telepon.
Rudiantara mengatakan saat ini tarif interkoneksi cenderung menurun. Hal tersebut bakal berdampak secara langsung pada harga layanan telepon serta layanan data internet. Namun Rudiantara enggan menyebutkan kemungkinan penurunan tarif yang bakal terjadi.
Terkait penurunan tarif layanan data, Rudiantara mengatakan pihaknya tengah melakukan pengkajian. Dia pun menjanjikan akan adanya model bisnis baru yang memungkinkan operator telepon dapat berbagi infrastruktur. Hal ini pun bakal berdampak pada penurunan pengeluaran.
Dengan begitu, lanjut Rudiantara, operator telepon pun diharapkan dapat memberikan tarif internet yang lebih murah kepada para pelanggannya. Terlebih dengan berkembangnya akses internet 4G LTE, tingkat pemakaian data internet pun bakal mengalami peningkatan.(brt/han)