Transfer Data 20 GB Hanya Satu Detik

MALANG – Pabrikan Apple meluncurkan seri iMac terbaru di semester pertama tahun ini. Salah satunya bernama Apple iMac Retina 5K yang menjadi perangkat personal computer model terkini, antara layar dan prosesor menjadi satu.
Leader Global Apple Store, Silvy Novita mengatakan, perangkat ini memiliki ukuran yang jumbo, sebesar 27 inci. “Layar dan CPU-nya menjadi satu, dengan ukuran yang besar. Apple membekali layar dengan resolusi mencapai 5120 x 2880 pixel dalam seri iMac Retina 5K,” katanya.
Menurut dia, performa dapur pacu sangat tangguh karena Apple mengusung generasi Intel Core i5 dengan kecepatan mencapai 3,5 GHz. Prosesor itu dipadukan dengan pengolah grafis AMD Radeon R9 M290X. Untuk mendapatkan tipe retina 5K, prosesor yang disematkan memiliki prosesor bertenaga Quad-core 4.0 GHz core i7. “Prosesor berkecepatan 3,5 Ghz bisa diupgrade hingga 4.0 GHz yang pasti kian menopang pengoperasian. Terutama yang memanfaatkan iMac ini untuk kegiatan grafis,” papar dia panjang lebar.
Dia menambahkan, bila Apple juga menawarkan kapasitas penyimpanan Fusion Drive sebesar 1 Tera dan RAM 8 GB sebagai penopang kinerjanya. Alhasil ketika pengguna menjalankan aplikasi grafis terkini, iMac tetap tangguh. Sementara itu, pengolah grafis yang digunakan iMac dengan Retina 5K display yakni AMD R9 290 kali yang bisa ditingkatkan menjadi AMD R9 295 kali.
Dia menjelaskan, Imac Retina 5K display-nya terbuat dari 23 layer, dengan ketebalan 1,4mm. Perangkat ini menggunakan LED yang hemat daya yang mencapai 30 persen walaupun memiliki resolusi piksel yang lebih canggih.
Menurut Silvy, di bagian port terdapat SDCX Card slot, empat slot US 3.0, dua port Thunderbolts, Gigabite Ethernet Jack dan Thunderbolt 2 sebagai pelengkap koneksi. Fitur tersebut, akan berfungsi untuk pemindahan data baik dari dalam perangkat maupun dari luar.
“Sebagai salah satu kelebihan dari produk iMac itu, juga dihadirkan port Thunderbolt 2. Port ini mampu menunjang transfer data sangat cepat, mencapai 20 GB per detik. Sangat cepat dan nomor satu di Indonesia untuk saat ini,” pungkasnya. (ley/han)