Kenali Penyebab Smartphone Cepat Panas

MALANG - Pengguna smartphone yang pertama kali beralih pada teknologi Android kerap kali bingung ketika mendapati ponselnya terasa cepat panas. Jika ponsel tetap optimal bekerja, wajar hal itu terjadi. Akan tetapi, panas juga timbul dari kondisi ponsel yang tidak beres karena beberapa hal seperti debu dan lemah dalam menangkap jaringan.
"Kondisi ponsel cepat panas, bukan hanya karena kerja berlebihan. Tetapi ada hal lain yang mesti diperhatikan pengguna," ujar Teknisi iFind Reseller, Jeffri Gigih.
Menurutnya, banyak pengguna awam tidak terlalu memikirkan mengenai kinerja atau performa suatu perangkat dengan komponen yang digunakan. Padahal, suatu prosesor ataupun RAM memiliki ukurannya sendiri, yang ketika dipakai secara berlebihan dapat membuatnya overheating.
"Ada banyak sekali penyebab mesin bekerja secara over, dari mulai pemakaian aplikasi secara berlebihan dalam model multitasking dan penggunaan satu aplikasi dengan sistem yang berat. Misalnya game HD, GPS dan layanan streaming video," papar dia kepada Malang Post.
Bila memang ponsel sedang menjalankan aplikasi tersebut, sudah sewajarnya bila ponsel akan cepat panas. Selain itu, aplikasi yang berjalan di belakang (background) juga sangat mempengaruhi kinerja mesin, seperti tema animasi, aplikasi baterai, permainan dan lain sebagainya.
Menurut dia, permasalahan pada jaringan juga membuat ponsel terasa cepat panas. Ketika smartphone mencari jaringan yang sesuai, maka mesin akan bekerja sangat keras. Bahkan dalam beberapa keadaan, daya baterai benar-benar terserap habis hanya untuk mencari sinyal.
"Perangkat akan semakin panas ketika sinyal yang dicari adalah jaringan 3G ataupun 4G. Selain itu, penggunaan data untuk melakukan akses internet secara berlebihan juga dapat meningkatkan suhu prosesor. Tidak heran, saat didiamkan pun terkadang ponsel akan panas," urai dia panjang lebar.
Debu juga turut mempengaruhi kinerja ponsel. Tidak jauh berbeda dengan komputer, ketika arus udara yang keluar dan masuk dari perangkat smartphone tersumbat, maka yang terjadi adalah terperangkapnya udara panas. Salah satu penyebab tersumbatnya udara sendiri ada banyak, namun yang paling sering adalah kotoran berupa debu. Biasanya kotoran tersebut berada di bagian respirator belakang casing ponsel atau bagian-bagian lubang speaker.
Sedangkan penyebab munculnya debu dan kotoran pun beragam. Mulai dari menyimpan smartphone di saku, tas atau meletakkan smartphone di area dengan polusi udara yang tinggi, seperti di jalanan atau ruangan dengan asap rokok.
Virus, menjadi penyebab berikutnya smartphone cepat panas yang harus diperhatikan. Ketika sebuah smartphone dihinggapi oleh sebuah malware atau virus, maka yang terjadi adalah kerusakan sistem perangkat lunak. Namun akibat atau dampaknya berbeda-beda tergantung jenis virusnya.
"Bisa hanya merusak dengan cara memenuhi ROM, melakukan akses internet secara otomatis untuk memanggil virus lain ataupun masuk ke tahap merusak sistem hardware. Semua dampak tersebut mempengaruhi kinerja mesin, yang berujung pada peningkatan suhu secara ekstrim," papar dia panjang lebar.
Jeffri menambahkan, yang paling umum, ketika ponsel cepat panas disebabkan oleh baterai yang mulai rusak. Kerusakan baterai bisa karena umur baterai yang sudah tua, pemakaian yang tidak sesuai dengan petunjuk vendor serta memakai perangkat smartphone ketika melakukan pengisian daya," pungkasnya. (ley/han)